Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 20 Mei 2019 | 09:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jaringan 5G bukan lagi masa depan, namun sudah tersedia dan telah dirasakan beberapa orang. Dengan teknologi ini, menjanjikan internet cepat yang cepatnya keterlaluan.

Saking cepatnya, dengan jaringan 5G kamu bisa menikmati film dengan kualitas definisi tinggi tanpa buffering. Namun dengan catatan kamu sudah memakai perangkat yang mendukung 5G dan terhubung dengan jaringan 5G.

Seperti apa kecepatan jaringan 5G ini? Pastinya bikin iri. Hal ini terungkap dari sebuah video yang diperagakan ileh George Koroneos menggunakan smartphone Samsung Galaxy S10 5G.

Cuplikan video dari tes kecepatan 5G menunjukkan ponsel menghantam lebih dari 1.000 mbps. Angka ini jauh berbeda dari 32 mbps yang biasa kita dapatkan.

Bisa ditebak, setelah unggahan itu beredar luas, orang-orang kagum pada kecepatan tersebut justru menjadi jengkel. Pasalnya, mereka tidak akan bisa mendapatkannya untuk sementara waktu.

 

Idealnya, setelah 5G aktif dan berjalan dengan baik, Anda harus dapat mengunduh film penuh dengan kualitas definisi tinggi dalam waktu sekitar 90 detik.

Teknologi ini akan berjalan sedikit berbeda dengan 4G, dengan serangkaian node ditempatkan di sekitar lingkungan untuk memfasilitasi sinyal yang lebih kuat daripada hanya menara sel biasa yang menggunakan 4G.

Di AS, Verizon telah mengerahkan beberapa simpul ini dan meminta beberapa jurnalis teknologi untuk mencobanya. Tampaknya, hasilnya pun cukup mengesankan.

"Tiga tes pada 1Gbps +, satu di 750, satu di 643," tweeted reporter Cnet Jessica Dolcourt.

Uji kecepatan jaringan 5G. [Twitter]

Semua penyedia jaringan di Inggris saat ini sedang menguji kemampuan 5G dengan handset pertama yang tiba tahun ini.

Mark Evans, kepala eksekutif perusahaan induk O2 Telefonica UK, mengatakan bahwa 5G adalah janji yang jauh lebih banyak - bagi konsumen, bisnis, industri, dan layanan publik.

"Seluler adalah salah satu peluang paling kuat di Inggris untuk memperkuat perekonomian kita dan meningkatkan kehidupan orang-orang Inggris dan 5G adalah tonggak penting bagi bangsa ini," tukasnya. 

Seperti itulah internet cepat yang ditawarkan dari jaringan 5G ini. Kapan ya bisa merasakan kecetan jaringan 5G di Indonesia? Tenak tak akan lama lagi! (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Jaringan 5G Huawei dan ZTE Berpotensi Dilarang di Jerman, Ini Penyebabnya