Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 05 Juni 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone apa yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet di Indonesia saat ini? Jawabannya adalah Samsung.

Smartphone  Samsung rupanya menjadi pengguna internet paling banyak di Indonesia, demikian salah satu temuan menarik dalam survei pengguna internet yang digelar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Dalam survei yang diumumkan di Jakarta, Rabu (15/5/2019) APJII mengatakan soal konsumsi internet di Indonesia, smartphone Samsung berada di urutan teratas dengan 37,7 persen.

Setelah Samsung, ada punya Oppo dengan 18,0 persen dan Sementara Xiaomi mencapai 17,7 persen digunakan mengakses internet di Indonesia.

Dari urutan keempat hingga ketujuh, masing-masing ditempati Vivo dengan 7,5 persen, Asus 3,2 persen. Sementara iPhone 3,1 persen, dan Lenovo 2,4 persen.

Cukup unik mengingat Lenovo sudah hengkang dari Nusantara sejak lama. Asus juga tidak masuk 5 besar pengkapalan smartphone di Indonesia.

Sementara Advan menjadi satu-satunya vendor lokal yang ada di daftar ini, yaitu di posisi kedelapan dengan pencapaian 1,5 persen.

Samsung Galaxy A20 gunakan layar Super AMOLED. (Samsung)

Namun, APJII tidak merinci lebih lanjut mengenai seri smartphone yang digunakan untuk berselancar di dunia maya. Selama proses survei, APJII bekerjasama dengan lembaga survei Polling Indonesia.

Hasil survei APJII ini senada dengan beberapa hasil riset pasar di Indonesia yang menunjukkan bahwa Samsung terus mendominasi pasar smartphone Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Riset IDC pada tahun lalu misalnya menunjukkan bahwa Samsung menguasai 28 persen pasar smartphone Indonesia pada triwulan ketiga.

Smartphone Samsung bersama Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Advan menjadi penguasa pasar smartphone Indonesia di periode tersebut. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

4 Fitur Samsung Galaxy A25 5G untuk Menunjang Mabar Lebih Seru