Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 08 Juni 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada September 2018 lalu, Indonesia dibuat berduka dengan bencana tsunami disertai gempa di Palu dan Donggala. Berbenah dari musibah besar tersebut, belum lama ini, warga dikejutkan dengan penemuan uang tunai yang berada di lokasi gempa Palu.

Penemuan warga Palu ini diunggah oleh akun @makassar_iinfo pada Sabtu (8/6/2019) lalu dan menjadi viral di Instagram.

Sejumlah uang ini ditemukan di daerah Petobo yang berada di Palu Selatan. Petobo sendiri turut merasakan dampak besar dari bencana gempa Palu yang terjadi tahun 2018 lalu ini.

Menurut caption dalam unggahan @makassar_iinfo tersebut, warga menemukan sejumlah uang ini usai melakukan penggalian di lokasi gempa Palu ini.

Diduga kuat, uang pecahan Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu ini merupakan milik korban gempa dan tsunami di daerah tersebut.

Gempa Palu. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Bersamaan dengan unggahannya, akun @makassar_iinfo juga mengunggah video saat warga tengah mengelilingi penemuan mengejutkan ini. Di tengah tanah yang rusak akibat gempa Palu, uang-uang tersebut berserakkan.

Lembaran uang yang berserakkan ini terlihat masih utuh walaupun terlihat kotor karena terendam dalam lumpur akibat gempa Palu.

Menurut pengakuan perekam video, daerah Petobo merupakan salah satu yang terkena dampak likuifaksi. Likuifaksi sendiri merupakan fenomena saat tanah berubah menjadi lumpur dan kehilangan kekuatannya. Proses likuifaksi muncul akibat getaran yang diakibatkan oleh gempa dan guncangan.

Penemuan ini jelas menghebohkan hingga menjadi viral di Instagram. Netizen lalu ramai-ramai meninggalkan komentarnya dalam unggahan tersebut.

Penemuan uang di lokasi gempa Palu. (instagram/makassar_iinfo)

''Bukti nyata harta yang ga bisa dibawa mati..'' tulis akun @chrisantyamanda.

''Uang sudah tidak ada artinya lagi di sana :('' komentar pemilik akun @chakraabudjibril.

''Sumbangkan biar yang punya dapat pahala..'' ungkap pemilik akun @rahmawati_ramli.

Sebelumnya, pada Jumat (28/9/2018), di lokasi 0.18 LS dan 119.85 BT pada kedalaman 26 kilometer dari utara Donggala, Sulawesi tengah terjadi gempa dahsyat yang datang bersama tsunami.

Gempa berkekuatan 8,7 SR (skala richter) ini sukses melumpuhkan kota Palu dan Donggala dalam waktu singkat.

Mengenai nasib penemuan uang berserakan di lokasi gempa Palu ini masih belum diketahui. Namun, diduga, hal ini sudah ditangani oleh pihak berwajib di daerah tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Kecantikan Gadis Bali Saat Upacara Adat Tahun 1991 Bikin Terpesona, Netizen: Elegan Banget!