Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 12 Juni 2019 | 15:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap Lebaran tiba, ada sebuah fenomena unik yang ditangkap Google Tren. Yaitu fenomena meningkatnya tren pencarian untuk keyword "Menikah dengan Sepupu".

Hal menandakan terjadinya peningkatan pencarian terkait menikah dengan sepupu ketika Lebaran tiba. Atau dengan kata lain, ada yang naksir dengan sepupu.

Fenomena ini ternyata terjadi di setiap Hari Raya Idul Fitri tiba. Atau di masa-masa Lebaran, waktu orang-orang melakukan silaturahmi ke kerabat.

Hayo ngaku, apakah kamu juga ikutan mencari tahu soal menikah dengan sepupu setelah acara silaturahmi keluarga digelar?

Sepupu yang dulu masih kecil, sekarang sudah tumbuh besar. Yang dulu biasa-saja, sekarang sudah bisa menarik perhatian kamu.

Menurut hasil studi dari Objektiva Indonesia, yang mempelajari tren pencarian keyword tertentu di Google Tren selama Lebaran tiba.

Dari tahun 2015 hingga 2019, keyword Menikah dengan sepupu selalu mengalami lonjakan setelah Hari Raya Idul Fitri. Ada yang H+3 seperti 2015, hingga H+7 di 2017.

Ilustrasi: Saling memaafkan saat lebaran. (Shutterstock)

Dan menariknya lagi, menurut data dari Google Tren tersebut, daerah paling banyak melakukan pencarian ini adalah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan kata lain, orang yang mudik ke Jogja atau sedang berada di wilayah ini banyak melakukan pencarian dengan keyword tersebut saat Lebaran.

Menyusul di bawahnya ada Kalimantan Timur, Lampung, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan. Namun memang Jogja tetap yang paling banyak.

Tak cukup di situ, pencarian yang masih terkait dengan keyword menikah dengan sepupu juga ikut naik. Seperti keyword "hukum menikah dengan sepupu".

Hal ini mengindikasikan banyak orang yang penasaran dan mencari landasan hukum yang mengatur pernikahan dengan sepupu.

Itulah fenomena peningkatan tren pencarian mengenai menikah dengan sepupu yang terjadi selama Lebaran. Jadi sudah mendapatkan jawaban boleh menikah dengan sepupu atau tidak?

BACA SELANJUTNYA

40 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Lucu untuk Dikirim Lewat WhatsApp