Rabu, 24 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 20 Juni 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa pun orangnya pastinya tidak akan pernah siap untuk meninggalkan dan ditinggalkan orang terkasih di hidupnya. Sama seperti seorang ayah di China yang tengah berjuang keras melawan penyakit ganasnya.

Divonis terkena kanker paru-paru ia tak ingin menghilang dan dilupakan begitu saja dari hidup anaknya dan keluarganya, ia kemudian merekam suaranya di smart home.

Kisah pria bernama Wang Yu ini disirakan ulang olah jaringan pemerintah China CGTN pada 16 Juni 2019 lalu.

Tengah berjuang melawan kanker paru-paru stadium akhir, Wang Yu yang berasal dari provisi Henan, China ini sering bepergian dari rumahnya ke Beijing hanya untuk merekam suaranya.

Sejak pertama didiagnosis menderita kanker paru-paru di tahun 2017 Wang Yu rajin merekam suaranya di perangkat rumah pintar atau smarthome di tengah masa-masa sulitnya menjalani kemoterapi.

Wang Yu merekam suaranya di smart home. (YouTube/CGTN)

Ingin selalu diingat oleh anaknya yang akan ia tinggal pergi, Wang Yu merekam kata-kata dan frasa yang cukup untuk perangkat pintar tersebut untuk dilakukan analisis data dan mensimulasikan suaranya.

Dalam video singkat tersebut, istri Wang menuliskan pesan di buku hariannya ''Nak, tolong ingat suara ayahmu, seolah-olah dia tidak pernah pergi.''

Wang Yu merekam suaranya di smart home. (YouTube/CGTN)

Video menyentuh ini kembali diputar oleh pemerintah China untuk memperingati Hari Ayah yang jatuh pada 16 Juni lalu.

Seakan memiliki firasat bahwa waktunya tak akan lama, Wang Yu membuat kenangan manis yang akan selalu diingat oleh anak dan istrinya di rumah.

Wang Yu merekam suaranya di smart home. (YouTube/CGTN)

Wang Yu dikabarkan meninggal pada Desember 2018 lalu, namun suaranya akan terus hidup di rumah mereka.

Mengingatkan anaknya untuk bangun di pagi hari atau bahkan mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya melalui suara yang disimpan di perangkat smart home.

BACA SELANJUTNYA

Penjelasan MediaTek Apa yang Membuat Rumah Jadi SmartHome