Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 02 Juli 2019 | 11:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat menonton film di bioskop beberapa orang masih berusaha merekam cuplikan film untuk diunggah di akun media sosial pribadinya, meski sudah mengetahui larangan tersebut.

Perbuatan ilegal tersebut persis seperti yang dilakukan salah satu netizen Malaysia yang memiliki pengikut sekitar 2.000 yang merekam beberapa detik potongan adegan dalam film Toy Story 4 yang ia tonton di bioskop.

Mungkin yang ia pikirkan bukan sebuah masalah bahwa ia hanya merekam beberapa detik saja, namun ternyata pihak Disney mengetahui perbuatannya ini.

Setelah merekam beberapa detik dari potongan film Toy Story 4 tersebut, ia mendapatkan email yang memberitahukan bahwa akun Instagram miliknya ditangguhkan.

Pihak Instagram memberikan sanksi tegas terhadap netizen tersebut dengan menangguhkan akun Instagram-nya selama tiga hari karena mengunggah materi berhak cipta di akun media sosialnya.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/lalo Hernandez)

Ia lantas mengunggah apa yang sedang ia alami di laman Facebook dan berbagi dengan teman-temannya apa yang sedang terjadi.

Netizen tersebut juga mengingatkan teman-temannya yang lain tak melakukan perbuatan yang sama.

Dalam unggahannya yang tengah dihapus ia menulis ''Akun Instagram saya diblokir oleh Instagram. Ingin mengambil kesempatan ini di sini untuk memperingatkan teman-teman lain agar tidak mengikuti apa yang saya lakukan, dengan penuh semangat merekam di Instagram Stories saat menonton film di bioskop.''

Ia juga mengatakan bahwa ia akan menerima akibat seperti yang ia dapatkan, yaitu penangguhan akun selama beberapa waktu ketika ia merekam film Toy Story 4 di bioskop dan melanggar hak cipta Disney.

Unggahannya mengenai potongan adegam film Toy Story 4 diturunkan karena Digital Millennium Copyright Act melindungi film dari pelanggaran hak cipta atas film tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Ibu Ajak Bayi ke Bioskop, Netizen Malah Kasihan dan Mencibir Gegara Hal Ini