Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 14 Juli 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Teknologi memang membantu kita untuk melakukan hal yang mudah, seperti yang dilakukan jasa cuci di China yang menyertakan barcode QR pada handuk dan seprei hotel yang mereka cuci.

Chip yang tahan air dan panas ini dapat merekam waktu saat lembaran tersebut dicuci. Tamu hotel dapat mengakses informasi apakah seprei dan handuk yang akan mereka gunakan sudah dicuci atau belum dengan memindai kode QR pada setiap item.

Teknologi semacam ini telah digunakan di beberapa kota besar karena sanitasi fasilitas hotel telah menarik perhatian masyarakat setelah serangkaian investigasi online.

Dalam investigasi tersebut ditemukan beberapa hotel, bahkan mewah tidak mencuci seprai, mereka hanya merapikannya.

Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Rhema Kallianpur)

Dilansir dari program TV lokal, sekitar 50 hotel di provinsi Shaanxi telah menempatkan chip dan mencetak kode QR pada tahun lalu.

''Chip di tempat tidur dapat merekam seluruh proses pencucian, termasuk mencuci, sterilisasi, menghilangkan alkali dan menyetrika. Semua otomatis dan dipantau oleh kamera. Dengan memindai kode QR, tamu hotel dapat melihat waktu setiap operasi," kata Pu Jinyong, manajer Bluesky Qingke, pangkalan binatu di Beijing.

Dia mengatakan bahwa tidak sulit untuk mempromosikannya secara nasional karena setiap chip dapat digunakan selama sekitar tiga tahun dan biayanya rendah.

Menurut Komisi Pengembangan dan Reformasi Provinsi Hubei, pemerintah mendorong penggunaan teknologi tetapi tidak menegakkannya.

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Kembangkan Chip dengan Proses 3nm TSMC, Siap Produksi Massal 2024