Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 22 Juli 2019 | 13:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab di panggil Ahok punya rencana untuk meluncurkan aplikasi baru.

Aplikasi yang ingin dibuat pria yang minta dipanggil BTP ini ditujukannya untuk membantu warga miskin dan mereka yang kesusahan.

Rencana membuat aplikasi ini terungkap dari vlog yang diunggahnya ke channel YouTube Panggil Saya BTP pada 21 Juli 2019 kemarin.

Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan ide aplikasi ini muncul sejak ia masih menjalani hukuman tahanan di Mako Brimob.

Meski ia di dalam tahanan, ternyata masih banyak orang yang meminta bantuan kepadanya. Dari sinilah ia ingin membangun aplikasi untuk membantu warga miskin dan kesusahan.

"Waktu di tahanan saya berpikir, di tahanan pun masih banyak orang minta bantuan. Mau ijazah nyangkut, mau kursi roda. Lu kira gue pohon duit di belakang rumah yang tinggal goyang-goyang jatuh tuh duit?" ucapnya dalam video.

"Jadi kalau saya pikir aplikasi ini seperti katakanlah Blibli.com, Tokopedia, itu kan kalau ada yang punya barang sama yang mau beli ketemu," ujar BTP.

Basuki Tjahaja Purnama. (YouTube/ Panggil Saya BTP)

"Nah kenapa sih enggak bikin aplikasi orang yang pengin nyumbang sama orang yang terima sumbangan ketemu. Nah kami pikir sih aplikasi Jangkau," lanjutnya.

Basuki Tjahaja Purnama juga mengungkap kalau aplikasi untuk membantu warga miskin ini rencananya akan diluncurkan pada 1 Agustus 2019 mendatang.

Dengan aplikasi tersebut, siapa pun yang memiliki barang atau apa pun untuk disumbangkan dapat dipertemukan dengan warga yang membutuhkan.

"Nanti verifikasi dari mana? Nah di situ saya mau mamaksa orang politik untuk jadi pemerhati," ucapnya.

"Misal ada orang minta kursi roda di wilayah Jakarta Barat, Kedoya. Kalau ada orang masuk ada yang mau nyumbang kan terdaftar, saya pegang ada notifikasinya. Nanti siapa yang verifikasi, harus orang partai," lanjut Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama. (YouTube/ Panggil Saya BTP)

Selain membuat aplikasi, Basuki Tjahaja Purnama juga berencana membuat berbagai macam kegiatan. Termasuk progam acara Televisi dengan judul BTP.

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif