Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 23 Juli 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebagai mahasiswa tingkat akhir, pasti akan dipusingkan dengan skripsi. Terkait itu, netizen ramai-ramai memberikan nasihat untuk mereka yang menghadapi skripsi.

Berawal dari tweet akun @shandya yang viral di Twitter. Tweet berisi nasihat mengenai skripsi ini sederhana, namun sangatlah penting.

Terkait skripsi, netizen ini memberikan nasihat agar mahasiswa tingkat akhir melakukan backup data-data mereka termasuk naskah skripsi.

Hal ini diutarakannya karena banyaknya kasus laptop hilang berisi skripsi di dalamnya. Sehingga pemiliknya tak bisa berbuat apa-apa untuk melanjutkan skripsi tersebut.

Ia menyoroti kenapa mahasiswa tingkat akhir tidak belajar dari kasus kehilangan laptop yang makin marak ini. Padahal solusinya mudah, dengan backup data.

Dengan teknologi maju seperti sekarang, melakukan backup data atau penyimpanan untuk berjaga-jaga sangatlah mudah. Ada banyak solusi yang ditawarkan.

Dari cloud service seperti Dropbox, Google Drive, iCloud, dan masih banyak lainnya. Bisa juga dengan menyimpannya di email pribadi.

Nasihat netizen untuk skripsi mahasiswa tingkat akhir. (Twitter/ @shandya)

Dari tweet yang viral di Twitter tersebut, netizen lain pun memberikan saran. Masih banyak solusi backup data agar skripsi tidak hilang.

"Tim nyimpen file skripsi di laptop, laptop pacar, kirim email temen, email pacar, email sendiri, flashdisk, google drive sama wa grup. Penuh kesiapan adalah jalan ninjaku," saran @bewitchinxx.

"Tips : download Back Up & Sync (dr Google). nantinya, akan ada folder khusus di laptop yg bisa dibuat nyimpen file seperti biasa di PC dan bakal auto-sync ke Google Drive mu. udah deh, ga ada lagi cerita 'lupa upload ke drive' " tulis @delisaoshot.

"nantinya, file akan tersimpan offline di PC dan online di Google Drive. kalau online, yg ada di folder tersebut akan otomatis ter-upload di Google Drive. kalau mengerjakannya saat offline jg ga masalah, saat ada kesempatan online nnt otomatis ter-upload," lanjut @delisaoshot.

"Kita pasti backup kok, cuma kalo laptop ilang ya gitu, deskripsinya pasti ditulisin "ada file skripsi" sapa tau yg nyolong iba ngebalikin kan ye," ide @fdlsrs.

"Hmm strategi bagus tapi kemarin liat ada yang sampai desperate tolong kirim skripsinya aja lewat email, laptopnya silahkan ambil... Kayanya sih beneran..." balas @shandya.

"Waktu skripsiku juga gitu kecurian laptop. Udah ada backupnya di drive tapi ternyata data lama yg gak digunain. Ya udah dalam 2 minggu ngerjain dari awal sampe nulis draft selembar buat laporan. Padahal 3 minggu lagi harus presentasi hasil.. Tp alhamdulillah lancar jg. Pengalaman," cerita @hildasiwi.

Ilustrasi mahasiwi dan laptop. (Pixabay)

"Awal-awal jelas mikirnya gini sih, tapi pas ngejalanin kayak terlalu ngeremehin gitu dan akhirnya ditunda-tunda." alasan @FIS_FI.

"Jaman dimana pinter buka sosmed dan segala aplikasi, tapi lupa password email," ungkap @SeptianTheo.

"Mahasiswa desain file size nya 3gb can't relate," tulis @Reyhanmp.

"aku tim ngerjain online di gdocs. menurutku itu udah paling aman karena ga perlu takut lupa ngesave dia udh otomatis kesave dan ada historynya juga," tips dari @eldoradokyung.

"Aq setiap revisi selalu dikirim ke email sendiri terus punya flashdisk lebih dari satu," pengalaman @islaaamski.

Itulah nasihat netizen kepada mahasiswa tingkat akhir untuk menyelamatkan skripsi mereka. Jangan ada lagi skripsi tertunda dengan alasan file hilang. Atau memang sengaja buat ngulur waktu?

BACA SELANJUTNYA

Muncul Secara Misterius di Foto Gadis Ini, Kamus Geografis Tahun 1869 Benarkan Adanya Kota Saranjana di Kalimantan