Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 31 Juli 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ramai pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong yang menyebut kalau empat unicorn Indonesia diklaim Singapura. Traveloka sebagai startup Indonesia ikutan terseret.

Traveloka menegaskan bahwa dana dari para investor tersalurkan dan terserap di Indonesia dan bukan di Singapura sebagaimana pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

"Tentunya penyaluran investasi tersebut terserap di Indonesia," kata Direktur Humas Traveloka, Sufintri Rahayu, di Jakarta melalui pesan singkat, Selasa malam (30/7/2019).

Sebelumnya Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan bahwa empat unicornIndonesia - Traveloka, Gojek, Tokopedia, dan Bukalapak - menerima investasi di Singapura, sebelum disalurkan ke Indonesia lewat pembayaran kepada vendor dan karyawan atau mitra mereka.

Hal itu dikatakan Thomas untuk menekankan bahwa investasi besar-besaran yang selalu diklaim oleh empat unicorn itu tidak tercatat masuk ke Indonesia. Bahkan empat perusahaan rintisan itu diklaim sebagai milik Singapura.

"Investasi dari fundraising kami tentunya disalurkan untuk pengembangan perusahaan Traveloka, sebagai perusahaan rintisan asal Indonesia," kata Sufintri.

Travoleka, yang bergerak di layanan travel dan pemesanan tiket online, juga menyatakan kantor pusat mereka berlokasi di kawasan Slipi, Jakarta Barat dengan komposisi 80 persen karyawan berada di Indonesia.

Ilustrasi aplikasi Traveloka di sebuah ponsl pintar. [Shutterstock]

Pada awal 2019, Traveloka membuka kantor di India yang digunakan sebagai pusat penelitian dan pengembangan.

Itulah bantahan Traveloka kepada pernyataan kepala BKPM yang menyebut empat unicorn dan startup Indonesia diklaim Singapura. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Timnas Singapura Tidak Kena Sanksi Usai Ketahuan Curang, Tim Valorant Indonesia Putuskan Tidak Bermain di SEA Games 2023