Senin, 06 Februari 2023
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 04 Agustus 2019 | 18:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti yang telah diketahui, beberapa jam sebelumnya netizen dihebohkan dengan peristiwa mati listrik yang menimpa area Jabodetabek, Banten, beberapa wilayah Jawa Barat. Tak hanya menempati trending topic worldwide, Jakarta sekitarnya yang mengalami mati listrik ternyata juga disorot deretan media asing.

Sebelumnya, wilayah di Jabodetabek dan sekitarnya mengalami mati listrik pada hari ini, Minggu (4/8/2019) mulai pukul 11:48 WIB.

Dalam keterangan resminya, PLN memohon maaf atas pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).

Selain itu, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

Informasi mati listrik dari PLN. (Instagram/ pln.up3bantenutara)

Salah satu media populer asal Australia, Sydney Morning Herald (SMH) menyoroti peristiwa Jakarta mati listrik dengan judul pemberitaan "Massive Blackout Affects Tens of Millions Across Indonesia".

Media asing tersebut menyoroti peristiwa mati listrik di Jakarta mempengaruhi puluhan juta orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Mereka juga menyoroti matinya layanan KRL serta sinyal beberapa operator telekomunikasi yang juga terganggu seiiring pemadaman listrik.

The Strait Times, media asing berbahasa Inggris berbasis di Singapura juga ikut memberitakan peristiwa pemadaman listrik di Jakarta dengan judul "Indonesia Capital Jakarta, Neighbouring Provinces in Java Hit by Major Power Blackout".

Media asing menyoroti padamnya listrik di Jakarta. (The Strait Times)

Mereka memberitakan pemadaman massal yang terjadi sehingga membuat banyak perusahaan dan apartemen menggunakan generator untuk mengatasinya.

The Strait Times juga menyoroti padamnya listrik mengakibatkan lampu lalu lintas serta jaringan kereta menjadi terganggu.

Japan Times, media berbahasa Inggris berbasis di Jepang juga ikut memberitakan Jakarta dengan judul "Major Blackout Darkens Jakarta and Neighboring Provinces on Java".

Media asing menyoroti padamnya listrik di Jakarta. (The Sidney Morning Herald)

Media Jepang tersebut lebih menyoroti para penumpang KRL yang harus berjalan setelah keretanya berhenti beroperasi karena padamnya listrik.

Deutsche Welle (Belanda) dan New Delhi Television Limited (India) atau NDTV juga ikut memberitakan masifnya pemadaman listrik yang dihadapi kota sekaliber Jakarta.

Mereka juga membahas layanan internet serta transportasi yang ikut terganggu setelah Jakarta sekitarnya mengalami mati listrik.

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton The Last of Us Episode 2, Ada Jakarta dan Christine Hakim