Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 30 Agustus 2019 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - KKN desa penari belakangan ini menjadi salah satu topik yang paling sering dibahas di media sosial khususnya Twitter. Diduga berada di Banyuwangi, Jawa Timur, banyak netizen yang berlomba-lomba melakukan analisa demi menemukan lokasi tersebut.

Kisah terkait KKN desa penari ini pertama kali dibagikan oleh netizen dengan akun @SimpleM81378523 yang kemudian menjadi viral di Twitter.

Dalam thread panjang tersebut, si pemilik akun berkisah mengenai 6 mahasiswa KKN dari sebuah kampus di Jawa Timur yang bernama Ayu, Widya, Nur, Anton, dan Bima. Melakukan KKN selama 6 minggu di desa yang disebut desa penari ini, ke-6 mahasiswa KKN berbagi kisah mistis dan horor yang terjadi secara terus menerus.

Singkat cerita, empat dari enam tokoh utama dalam kisah ini diteror oleh sosok tak kasat mata di desa penari tersebut. Berakhir mengerikan, kisah KKN desa penari ini menjadi salah satu thread yang menghebohkan sepanjang tahun 2019 ini.

Seolah dibuat penasaran dengan lokasi KKN desa penari ini, banyak netizen yang mencoba mencari tahu lokasi tersebut. Bahkan, banyak netizen yang menebak bahwa lokasi KKN desa penari ini berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

''Untung w baca baru ini. Serem oyy. Di banyuwangi keknya ya ini'' tulis netizen dengan akun @maghfiradm.

Sebuah komentar dalam kolom unggahan YouTube Raditya Dika lalu mengungkap bahwa KKN desa penari ini terjadi di Rowo Bayu, Banyuwangi, Jawa Timur.

KKN desa penari. (twitter/beatedvodka)

Melakukan analisa dari hasil komentar netizen, setidaknya ada tiga lokasi yang dicurigai merupakan tempat KKN desa penari terjadi.

''Udah ketemu lokasinya belum? A. Desa Widuri, Alas Dadapan, Bondowoso/Banyuwangi B. Rowo Bayu, Kec. Songgon, Banyuwangi. C. Kajarharjo, Kec. Kalibaru, Banyuwangi. yang mana jadinya? #kkndesapenari'' tulis akun @Ifan_Assidiqy.

Karena si pembuat thread KKN desa penari pernah membagikan potret Petilasan di desa tersebut, netizen dengan akun @gemani_ menemukan potret serupa di Google saat melakukan pencarian dengan kata kunci 'Rowo Bayu Songgon Banyuwangi'.

KKN desa penari. (twitter/gemani_)

Pendapat lain terungkap berdasarkan komentar di kolom unggahan video YouTube Raditya Dika. Menurut seorang netizen, lokasi KKN desa penari ini adalah daerah pelosok bernama Kemiren, Banyuwangi.

KKN desa penari. (twitter/safieraPutri)

Mengunggah peta Jawa Timur, netizen dengan akun @dadangskafi berpendapat jika KKN desa penari ini terjadi di Petak Wolu.

KKN desa penari. (twitter/dadangskafi)

Hingga artikel ini dibuat, perdebatan terkait analisa netizen yang menebak lokasi KKN desa penari memang masih menjadi teka teki. Pasalnya, si pembuat thread memilih untuk merahasiakan lokasi tersebut. Kalau menurutmu, lokasi KKN desa penari ini di mana?

BACA SELANJUTNYA

Sudah Pakai Mercedes di Tahun 1977, Netizen Sebut Pasangan Asal Jawa Timur Ini Keluarga Kaya