Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 03 September 2019 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Telah dua pekan berlangsung, blokir internet di Papua dan Papua Barat masih saja diberlakukan. Masyarakat setempat masih belum bisa merasakan akses internet.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang dibantu operator seluler tengah merencanakan untuk mengakhiri pemblokiran akses internet di ujung timur Nusantara.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan, blokir internet di Papua menjadi agenda pembahasan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam rapat internal yang berlangsung pada Senin (2/9/2019).

"Menteri memimpin rapat dengan para operator seluler, Telkomsel, Telkom, XL, dan Indosat untuk membahas pembukaan pemblokiran (internet). Di sana juga ada perwakilan dari aparat keamanan," kata Ferdinandus.

Dari rapat terbatas tersebut, Ferdinandus menyampaikan bahwa sudah ada wacana untuk mengakhiri pemblokiran akses internet di Papua yang akan dilakukan secara bertahap, tergantung dengan situasi dan kondisi di lapangan.

"Jadi, tergantung kondusifitas dan stabilitas di wilayah kota atau kabupaten tersebut. Dan, penilaian ini dikoordinasikan Menkominfo dengan penegak hukum dan pihak keamanan," imbuhnya.

Sayangnya, pria yang akrab disapa Nando ini belum bisa mengungkap waktu pembukaan kembali akses internet di Bumi Cenderawasih.

Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Artinya, hingga kini masyarakat di Papua dan Papua Barat hanya bisa memanfaatkan layanan SMS dan telepon saja.

Sampai kapan Kominfo blokir internet di Papua dan Papua Barat ini? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Telkom Tanda Tangani Perjanjian, Integrasi IndiHome ke Telkomsel Segera Dilakukan