Senin, 29 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 15 September 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jack Ma telah resmi mundur dari Alibaba pada pada hari Selasa (10/9/2019) lalu. Tak ada yang menyangka, Jack Ma ternyata merupakan bos yang kreatif, baik hati dan visioner dalam memperlakukan karyawannya.

Sebuah akun Twitter bernama Matthew Brennan atau @mbrennanchina membagikan video yang menampakkan sebuah hadiah futuristik pemberian dari Jack Ma sebagai hadiah perpisahan pada karyawannya.

Video yang diunggah berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 7.500 Retweet dan 15 ribu Like.

Ratusan netizen kagum dengan hadiah yang futuristik dan menampilkan Jack Ma dalam bentuk hologram.

Hadiah yang diberikan Jack Ma pada karyawannya ternyata sebuah botol minuman anggur (wine) dengan kemasan khusus.

Pesan Jack Ma dalam hadiah perpisahannya. (Twitter/ mbrenannanchina)

Kemasan didesain khusus sehingga botol terlihat menjorok ke dalam dan menampilkan area gelap.

Terdapat sebuah kotak seperti lubang kaset dengan barcode khusus sebagai tempat smartphone.

Setelah barcode di-scan pada smartphone, dan kotak diletakkan lagi ke tempatnya, terciptalah sebuah hologram yang memantul di atas dinding botol.

Jack Ma terlihat mengucapkan sebuah pesan menggunakan bahasa China dengan raut muka tersenyum.

"Saya kirimkan botol wine ini untuk semua karyawanku. Bekerja itu seperti air sementara hidup seperti wine. Air akan memengaruhi kualitas dari wine tapi kita harus menjalani hidup seperti rasa sebuah wine. Semoga semuanya hidup dengan serius dan bekerja dengan bahagia," kata Jack Ma dalam pesan hologramnya.

Setelah menghabiskan dua dekade membangun Alibaba menjadi perusahaan senilai 460 miliar dolar (sekitar Rp 6.454 triliun), Ma kini berencana untuk fokus di dalam bidang filantropi.

Ketika mengumumkan rencananya untuk mundur pada 2018 lalu, Ma mengatakan bahwa ia akan mundur perlahan serta teratur dari perusahaan yang dibangunnya pada 1999 itu.

Alibaba.com. (TechCrunch)

"Satu janji saya pada semua orang: Alibaba bukan soal Jack Ma, tetapi Jack akan selamanya milik Alibaba," kata dia ketika itu.

Aksi pemberian hadiah dari Jack Ma ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Ketika menjadi miliarder, hadiah berupa botol dengan pesan hologram adalah ide dystopian yang menarik," kata @adrianegger.

"Ini yang dinamakan bos next-level. Pesannya sungguh nyata dan menginspirasi, ini adalah hadiah yang cukup bagus dalam konteksnya," komentar @mariekennedy.

Itulah tadi hadiah perpisahan Jack Ma kepada karyawannya yang sangat futuristik sehingga viral di Twitter, bagaimana menurut kamu?

BACA SELANJUTNYA

Alibaba Cloud Hadirkan Apsara Developer Community secara Global