Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 17 September 2019 | 10:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - YouTube jadi platform orang-orang menikmati video, baik lewat PC maupun smartphone. Karena memang makin banyak video YouTube yang beragam dan menarik.

Dari video YouTube hiburan, pendidikan, informasi, hingga tutorial tersedia di layanan milik Google ini. Mungkin kamu juga salah satu penikmat video-video YouTube?

Namun terkadang kita menemukan masalah dari video YouTube, salah satunya melambat atau kadang patah-patah karena loading.

Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]

Masalah video YouTube melambat ini bukan hanya dikarenakan masalah koneksi internet. Karena kadang terjadi di koneksi internet yang tidak stabil.

Dilansir dari Gadgets Now, terdapat dua cara mudah mengurangi masalah dan waktu buffering atau memperbaiki masalah jaringan:

1. Menghapus data cache

Data cache yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab lambatnya video terputar di YouTube. Untuk menghapusnya, buka browser Chrome pada smartphone, dekstop, atau tablet lalu pilih menu tiga garis.

Pada smartphone, pilih History > Clear Browsing Data. Pada dekstop, pilih More Tools > Clear Browsing Data.

Bagi pengguna Android, Mac, dan PC bisa memilih rentang waktu untuk menghapus data. Setelahnya pilih opsi Cookies and Site Data dan Cached Images and Files > ketuk Clear Data.

2. Ubah kualitas video

Kumpulan video di YouTube. [Shutterstock]

Pengguna dapat mengubah kualitas video YouTube dengan mengetuk ikon berbentuk roda gigi di sudut kanan bawah layar atau sudut kanan atas.

Pengguna dapat beralih ke resolusi yang lebih rendah untuk memuat video lebih cepat.

Itulah cara mengatasi masalah video YouTube melambat yang sering menimpa banyak orang. Apakah kamu pernah mengalami hal yang sama? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ramai Luhut vs Haris Azhar, Ternyata Ini Makna Kata Lord yang Viral