Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 19 September 2019 | 09:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak hanya manusia yang menderita sebagai akibat dari kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan. Sebuah video berhasil viral di Twitter setelah memperlihatkan banyak burung berjatuhan dari langit karena kabut asap.

Seorang netizen asal Malaysia bernama Susan Lankester dengan akun Twitter bernama @suelanks membagikan video yang disertai caption cukup menohok terkait kejadian kabut asap.

Video yang ia bagikan berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 15 ribu Retweet dan 7.200 Like.

Belasan ribu netizen juga ikut mengecam perilaku pembakaran lahan yang dilakukan oleh oknum tertentu melalui kolom komentar di bawahnya.

Susan Lankester dikenal aktif dalam ikut menyuarakan petisi di Change.org terkait dengan kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera yang menyebabkan bencana kabut asap.

Video yang memperlihatkan banyak burung mati karena kabut asap viral di Twitter. (Twitter/ suelanks)

Dikutip dari World of Buzz, petisi dengan nama "Holding Indonesian and Malaysian governments accountable for the current forest fires/haze" kini telah ditandatangani oleh ribuan orang.

Mereka menyuarakan bahwa kejadian kabut asap sudah melanda Singapura, Malaysia, dan Indonesia selama 20 tahun sehingga beberapa perusahaan yang diduga melakukan pembakaran lahan harus ditindak secara tegas.

Dalam thread serta video yang viral di Twitter, Susan Lankester juga membagikan caption yang bertuliskan "Burung jatuh dari langit karena udara beracun yang kita hirup? Ini karena bisnis tidak bertanggung jawab yang membahayakan manusia & hewan".

Netizen ini juga aktif menyarakan petisi agar pemerintah Indonesia dan Malaysia bertindak tegas pada perusahaan yang merusak lingkungan dan menyebankan kabut asap. (Twitter/ suelanks)

Masih belum jelas di mana video tersebut diambil, namun dari logatnya, video ini berasal dari sebuah daerah di Indonesia, bukan di Malaysia.

"Kabutnya menggila bung! Gara-gara kabut banyak burung mati. Whuuy, ini burung walet kayaknya ini. Banyak bos..," kata seorang pria di dalam video itu.

Thread dan video tersebut mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Bagian sedihnya, kita harus toleransi pada hal seperti ini setiap tahunnya. Apa yang kira-kira pemerintah lakukan di luar sana?" kata netizen Malaysia bernama @JosephR13358827.

"Ini sangat menyedihkan, lagi-lagi kekejaman manusia membuat makhluk lain menderita," tulis @lamkanahraf.

"Penyu di laut tercekik sampah plastik, kini burung di langit pun mati karena lemas. Hidup manusia modern!" balas @ahnewyear.

Itulah tadi video viral di Twitter yang menampakkan banyak burung mati karena kabut asap, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Mulai Telan Korban, WHO Waspadai Flu Burung di Kamboja