Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 19 September 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sampah plastik selalu menjadi masalah tersendiri karena dapat mengotori lingkungan darat maupun laut. Sebuah desa di Bali menggunakan cara yang unik dalam menyaring sampah plastik di selokan.

Sebuah akun fanspage Facebook bernama Mambal Terkini membagikan sebuah unggahan yang menampilkan cara menyaring sampah plastik secara kreatif.

Unggahan yang dibagikan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 3.900 Like dan ratusan komentar dari netizen.

Tak sampai satu hari, postingan bahkan telah dibagikan lebih dari 3.700 kali.

Fanspage itu menjelaskan bahwa sang pengelola akun baru saja berjalan-jalan pada sebuah desa di Bali.

Saat melewati sebuah desa, ia secara tak sengaja menemukan sebuah jaring besi yang didesain khusus untuk menyaring sampah plastik yang ikut terbawa air.

Seorang petani di sekitar daerah tersebut menjelaskan bahwa cara ini dipakai untuk mengurangi sampah plastik yang mengalir menuju area persawahan.

Cara kreatif dalam menyaring sampah plastik di selokan. (Facebook/ Mambal Terkini)

Sampah plastik yang terkumpul akan dibawa oleh petugas kebersihan di daerah itu.

Postingan juga menyebutkan bahwa jika terdapat banyak dana, cara semacam ini bisa diaplikasikan di desa Mambal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali atau daerah lainnya yang memiliki sampah plastik di selokan.

Banyak netizen yang memberikan apresiasi positif dan beragam komentarnya setelah melihat cara kreatif menangkal sampah plastik tersebut.

"Suatu hal yang patut ditiru. Mantap..!!!" komentar Gusti Riastika.

"Saya sangat setuju. Semoga bisa cepat mendapat tanggapan dari pihak berwenang dan cara ini bisa direalisasikan di daerah lain," tulis Made Ariawan.

"Sangat setuju pak !!!Apalagi kalo sudah bersih sekali airnya dari sampah..bisa diisi ikan koi..pasti indah sekali," kata Heri Setya.

Itulah tadi cari kreatif menyaring sampah plastik yang diapresiasi positif oleh netizen sehingga viral di Facebook, bagaimana menurut kamu?

BACA SELANJUTNYA

Soroti Bocil Main di Jalanan Penuh Lumpur, Netizen: Kebahagiaan Masa Kecil