Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 24 September 2019 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menggunakan ponsel saat mengemudi tentu akan sangat berbahaya, karena akan berpotensi kecelakaan.

Oleh karena itu saat berkendara, tak boleh ada yang mengganggu saat di jalan.

Tak peduli berapa banyak kampanye kepedulian sosial yang diikuti, namun akan ada beberapa orang yang mengabaikan saran tersebut dan menggunakan ponsel mereka saat mengemudi.

Dilansir dari laman Ubergizmo, pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat telah menjelaskan bahaya menggunakan ponsel saat mengemudi.

Kita seharusnya menyadari bahwa mengalihkan pandangan dari jalan selama beberapa detik saat mengirim pesan singkat atau menelepon seseorang sangat berbahaya saat mengemudi.

Menanggulangi hal tersebut, New South Wales Transport di Australia memiliki ide yang menarik untuk mendeteksi pengemudi menggunakan ponsel mereka.

Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)

Terdapat kamera rahasia yang ditenagai oleh AI yang diatur bisa menangkap pengemudi nakal yang menggunakan ponselnya saat berkendara.

Pengemudi tak akan diperingati saat mereka mendekati kamera rahasia, karena hal tersebut akan menjadi kejutan bagi mereka sehingga mereka bisa tetap waspada dan menghindari menggunakan ponsel saat mengemudi.

Kamera tersembunyi dengan teknologi AI ini akan mendeteksi pemindaian selama 24 jam sehari dan juga selamat dari segala kondisi cuaca.

Mengejutkan, dalam uji coba sudah ditemukan 10.000 pengemudi yang menggunakan ponsel mereka saat mengemudi. Bahkan beberapa dari mereka mencoba untuk menipu kamera dengan menjaga ponsel mereka di bawah namun tetap bisa terdeteksi.

Rencananya mulai Desember ini, kamera tersembunyi tersebut akan mulai dirilis dan setiap pengendara yang tertangkap kamera memakai ponsel saat mengemudi akan didenda.

BACA SELANJUTNYA

Vivo Kini Hadirkan Layanan Perbaikan Antar Jemput, Permudah Reparasi Smartphone