Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 24 September 2019 | 14:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Greenpeace Indonesia baru saja membentangkan sebuah pesan yang sangat menohok bertema lingkungan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pesan kepada Presiden RI Joko Widodo atau akrab disapa sebagai Jokowi mengundang pro dan kontra di kalangan netizen sehingga viral di Facebook.

Akun Facebook Greenpeace Indonesia memberikan sebuah tuntutan kepada Jokowi atas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kalimantan.

Dengan spanduk besar, pesan yang disampaikan di atas sungai Kahayan, Palangkaraya ini menjadi viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 17 ribu Like dan ribuan komentar.

Hanya dalam waktu 2 hari, postingan pesan Greenpeace Indonesia pada Jokowi telah dibagikan lebih dari 28 ribu kali.

Dalam akun resminya, Greenpeace Indonesia mengunggah kegiatan tersebut pada tanggal 22 September 2019.

Greenpeace menyampaikan pesan lingkungan ke Jokowi. (Facebook/ Greenpeace Indonesia)

Greenpeace Indonesia menyatakan bahwa penegakan hukum adalah kunci untuk mencegah kabut asap dengan menghukum berat para pelaku korporasi dan mencabut izin mereka.

Sayangnya, Greenpeace Indonesia mengklaim bahwa hal tersebut belum dilakukan di Indonesia sampai saat ini.

"Presiden juga harus mencegah kebakaran hutan dengan memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi dan bukan memperlemahnya, karena korupsi sumber daya alam banyak dilakukan dengan menjual izin-izin pembukaan hutan Indonesia oleh pejabat yang berwenang," kata Greenpeace Indonesia dalam pernyataannya.

Terdapat dua spanduk besar yang dibentangkan di bawah Jembatan Kahayan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Pesan Greenpeaace untuk Jokowi ini viral di Facebook hanya dalam waktu 2 hari saja. (Facebook/ Greenpeace Indonesia)

Spanduk pertama bertuliskan "Pak Jokowi, padamkan kebakaran hutan jangan KPK" sedangkan spanduk kedua berisi tulisan "Pak Jokowi, tegakkan hukum untuk cegah karhutla".

Pesan Greenpace Indonesia pada Jokowi yang langsung viral di Facebook ini mengundang pro dan kontra di kalangan netizen.

Bagi netizen yang mendukung, aksi ini sangat membanggakan dan presiden memang harus tegas dalam menghukum pelaku kebakaran hutan dan lahan.

"Walaupun cuma aksi kayak gini saya ikut bangga dengan Greenpeace Indonesia," komentar Syera Syailendra.

Pesan Greenpeace untuk Jokowi. (Facebook/ Greenpeace Indonesia)

"Pak Jokowi tegas dong pecat-pecatin kalau kebakaran lagi. Katanya kan gitu kalau kebakaran lagi mau tegas..Langsung pecat..Ini masa kebakaran terjadi tiap tahunnya tapi gak ada yang dipecat," kata Denting Gemintang.

Namun ada juga netizen yang tidak setuju dan mengungkapkan pesan tersebut kurang tepat jika hanya ditujukan kepada satu orang saja.

Netizen yang kontra dengan pesan yang disangkutpautkan KPK ini menyatakan bahwa ada baiknya apabila Greenpeace Indonesia tidak mengikuti sentimen politik.

Spanduk besar membentang di jembatan Sungai Kahayan. (Facebook/ Greenpeace Indonesia)

"Greenpeace kalian sudah gak peace lagi kalo ikut2an politik!! Cinta lingkungan tapi dibayar buat yang beginian kok mau?! Basi" komentar Yunie Bosman.

"Saya memang suka dengan admin yg selalu menjaga kelestarian hutan dan alam. Tapi ingat jgn karna kebakaran hutan jadi salahkan 1 org. Pakai otak yg benar jgn otak terbalik dipakai," tulis Acheng.

Itulah tadi pesan menohok Greenpeace Indonesia kepada Jokowi yang viral di Facebook, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Ditanya Apakah Anak Presiden Pernah Ditilang Gak? Ini Jawaban Kaesang Pangarep