Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 26 September 2019 | 17:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sudah menjadi hal yang normal apabila sebuah perusahaan berperang iklan dengan perusahaan lain yang menjadi kompetitornya. Dikenal memperebutkan pasar yang sama, kampanye Burger King untuk mendongkrak penjualan McDonald's membuat netizen Indonesia kagum dan terenyuh.

Kekaguman netizen Indonesia berawal dari sebuah thread yang dibagikan oleh @andreqve.

Thread yang dibagikan viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 10 ribu Retweet dan 7.600 Like.

Akun Twitter @andreqve menginginkan agar sebuah kampanye yang dilakukan oleh Burger King ini dapat dilakukan juga di Indonesia.

Ia bercerita bahwa ketika McDonald's mengadakan kampanye penjualan untuk melakukan penggalangan dana dalam membantu pasien kanker, Burger King justru membantunya.

Kampanye Burger King yang menyentuh hati ini viral di Twitter. (Twitter_andreqve)

Ketika itu, Burger King dengan sengaja tidak menjual Whopper dalam satu hari agar orang-orang membeli Big Mac milik McD.

Seperti yang telah diketahui, produk yang paling laris dari Burger King adalah Whopper, burger spesial andalan dan favorit penggemar Burger King.

Setiap tahunnya, di luar negeri, McD biasanya mengadakan acara di mana setiap pembelian burger spesialnya, pembeli mendonasikan 2 dolar AS atau Rp 28 ribu untuk kegiatan amal.

Dikutip dari The Drum, acara "kerja sama" antara Burger King dan McD ini sangat berhasil di Argentina pada 10 November 2017.

Saat itu Burger King mengadakan kampanye "A Day Without Whooper" agar produk McD menjadi buruan konsumen.

Netizen mengapresiasi kampanye dari Burger King untuk membantu McD. (Twitter/ nupya_)

Keputusan tersebut berlaku pada 107 gerai restoran yang ada di Argentina.

Bahkan, The King, maskot dari Burger King ikut membeli Big Mac di gerai McD yang disambut dengan tepuk tangan meriah para konsumen.

Kampanye 2 gerai makanan burger populer tersebut sukses dan McD berhasil menjual 73.437 Big Mac dalam satu hari, melebihi penjualan pada tahun 2016.

Sangat "adem", padahal, sebelumnya Burger King pernah menampar para pesaing dengan kampanye agresif dalam membakar iklan kompetitor menggunakan teknologi AR dalam aplikasi.

Kampanye kerja sama antara Burger King dan McD ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Trik marketing yg bagus sih sebenarnya ini walaupun sebenarnya dua2nya bisa tetep jualan normal trus donasiin semua hasil penjualan whooper dan big mac dalam sehari," komentar @jnessy_.

"Keren sih ini cara iklannya. Selain ngasi pesan 'enakan whooper drpd bigmac' tapi juga narik empati orang2.. dengan pemahaman 'wah demi anak-anak kanker Burger King mau ngalah biar orang2 beli McD dlm 1 hari itu... Gila si iklannya," pendapat @boembokatjang.

"Simbiosis mutualisme. Kalo di sini semacam mahasiswa & anak STM..hahaha," kata @bilalshinoda.

Itulah tadi thread yang viral di Twitter tentang kampanye Burger King yang membantu McD, bagaimana menurut kamu?

BACA SELANJUTNYA

Gadis Bikin Tutorial Membuat Cemilan Cilok Babi, Netizen: Kalau Gini Halal Apa Haram Ustadz?