Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 07 Oktober 2019 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menjelang akhir tahun akan banyak pesta belanja di dunia online yang dirayakan secara bergantian setiap bulannya. TIdak kecuali pada Oktober 2019 ini juga akan ada pesta belanja online.

Biasanya, pesta ini berlangsung mulai September hingga Desember dan jatuh pada tanggal-tanggal cantik seperti 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12.

Pesta belanja ini tentu telah dinanti-nanti karena memberikan kesempatan berbelanja aneka kebutuhan dan barang impian dengan harga murah.

Jika kehabisan dan terlambat di pesta belanja online 9.9 lalu, masih ada pesta belanja online 10.10 yang akan segera hadir di bulan Oktober 2019.

CupoNation berkolaborasi dengan Shopee untuk membantumu dalam mengenal lebih dalam tentang pesta belanja online yang dirayakan di Indonesia, mari simak ulasannya lebih lanjut.

Perbandingan pesta belanja online pada Shopee di tahun 2018

Berdasarkan volume penelusuran kata kunci 10.10 di tahun 2016 hingga 2018 terdapat kenaikan yang signifikan, dimana volume penelusuran di tahun 2017 mengalami peningkatan cukup tajam yakni 58,24 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Di tahun 2018 hasil volume penelusuran kembali mengalami peningkatan, yakni 9 persen lebih tinggi dari hasil volume penelusuran di tahun 2017.

Hal ini berarti jumlah masyarakat yang menaruh minat pada pesta belanja 10.10 di Indonesia kian bertambah dan popularitasnya semakin meningkat.

Dari data yang berhasil dihimpun oleh Shopee, ada beberapa hal menarik tentang perbandingan pesta belanja online pada puncak kampanye dari beberapa pesta belanja yang diselenggarakan tahun lalu. Berikut adalah keterangannya:

Jumlah kunjungan pengguna Shopee saat pesta belanja online di Indonesia tercatat 14,29 persen lebih tinggi di akhir tahun.

Setidaknya ada dua momentum pesta belanja online yang paling menyedot antusiasme masyarakat Indonesia tahun lalu.

Keduanya adalah pesta belanja 11.11 atau yang juga dikenal sebagai "single’s day" serta festival belanja 12.12 atau "Harbolnas".

Saat perayaan 2 pesta belanja online terbesar yakni 11.11 yang diselenggarakan pada 11 November dan 12.12 pada 12 Desember tahun lalu, tercatat jumlah pengunjung pengguna Shopee mencapai 42 juta pengunjung saat single’s day dan 48 juta pengunjung saat Harbolnas.

Maka dapat disimpulkan bahwa, pada puncak kampanye pesta belanja online 12.12 jumlah kunjungan pengguna Shopee 14,29 persen lebih tinggi dari pesta belanja online 11.11.

Dalam 1 menit jumlah produk Shopee yang terjual mencapai 74 ribu produk pada pesta belanja online tahun lalu.

Dalam datanya, Shopee juga mengungkap fakta menarik tentang jumlah produk yang berhasil terjual dalam 1 menit saat puncak kampanye pesta belanja online 11.11 dan 12.12.

Dimana, saat gelaran pesta belanja online, jumlah produk yang berhasil terjual masing-masing mencapai angka 58 ribu produk and 74 ribu produk pada 11.11 dan 12.12 tahun lalu.

Hal ini berarti, Pengguna Shopee berbelanja produk 27 percent lebih banyak saat Harbolnas ketimbang Single’s day.

Produk kecantikan adalah kategori yang paling banyak dicari saat Single’s day, namun handphone dan aksesoris adalah yang mendominasi saat Harbolnas.

Ada sedikit perbedaan dalam kategori paling populer saat gelaran Single’s day dan Harbolnas berlangsung.
Berikut adalah 3 kategori paling populer untuk masing-masing momentum belanja online yang diurut berdasarkan kategori terlaris:

Produk terlaris di Pesta Belanja Online. (CupoNation)

Shopee juga menambahkan Xiaomi adalah brand yang paling populer pada saat harbolnas tahun lalu. Hal ini dapat mengindikasikan jika Shopee memberikan promo lebih tinggi untuk kategori handphone dan aksesoris, terutama pada brand Xiaomi.

Tips sukses berburu promo hemat di pesta belanja online

Saat pesta belanja online khususnya pada 10.10 yang akan digelar sebentar lagi, para pelaku ecommerce akan berlomba-lomba untuk memberikan diskon besar-besaran untuk penggemar belanja online.

Agar tetap bijak dalam berbelanja, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips penting agar anda dapat memaksimalkan budget dan sukses dalam berburu diskon di pesta belanja online khususnya pada pesta belanja 10.10 mendatang:

1. Menetapkan anggaran belanja

Sebelum event berlangsung, tetapkan budget yang akan dialokasikan untuk berbelanja. Ini akan membantumu agar tidak kalap saat melihat berbagai label diskon dan menghindari pengeluaran yang berlebih saat pesta belanja online.

2. Membuat daftar belanja

Salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh para online shopper adalah berburu diskon tanpa membuat daftar belanja.

Daftar belanja berperan sangat penting saat event diskon belanja online seperti ini, tak hanya untuk mengontrol pengeluaran namun juga agar anda dapat lebih fokus dalam berburu barang yang dibutuhkan dengan harga termurah.

3. Register dan Subscribe

Hampir setiap ritel mewajibkan anda untuk melakukan registrasi akun sebelum berbelanja. Jika anda belum memiliki akun, maka pastikan untuk membuat akun terlebih dahulu dan jangan lupa untuk subscribe newsletter agar selalu mendapatkan kabar terupdate tentang promo-promo yang sedang berlangsung.

Berikut adalah peritel yang ikut merayakan pesta belanja 10.10 dengan memberikan diskon besar-besaran serta paling banyak ditelusuri oleh masyarakat Indonesia tahun ini, jika diurut adalah Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

4. Menambahkan barang yang diincar dalam daftar wishlist.

Setelah membuat daftar belanja dan menemukan ritel yang menawarkan harga termurah, tips selanjutnya adalah memasukan barang incaran anda ke dalam daftar wishlist.

Meski banyak produk dengan potongan harga menarik yang ditawarkan pada saat pesta belanja online 10.10, namun jumlah online shopper yang berburu juga tidak sedikit.

Dengan memasukan barang-barang incaran anda dalam daftar wishlist, ini akan membantu anda terhindar dari kehabisan stok atau waktu diskon yang terbatas.

Hal ini juga mempermudah prosess belanja terutama jika produk yang diinginkan sedang out stock, anda akan menerima notifikasi dari ritel jika produk sudah di restock kembali sebelum pesta belanja online 10.10 berakhir.

Ilustrasi belanja online lewat smartphone. (Pixabay)

Itulah beberapa hal menarik seputar pesta belanja online yang perlu anda ketahui. Selagi masih ada waktu, ada baiknya untuk lebih mempersiapkan diri untuk menyambut pesta belanja online yang akan hadir tak lama lagi yakni 10.10, singles day dan harbolnas.

Selain itu, beberapa tips tambahan yang juga tak kalah penting adalah memastikan koneksi internet yang stabil dan kesiapan alat transaksi demi membantu kelancaran berbelanja.

Sudahkah kamu siap menyambut pesta belanja online 10.10 di Oktober 2019 ini? 

BACA SELANJUTNYA

Identitas Pria Pamer Beli Mobil Rp 11 Ribuan Dibongkar, Netizen: Dah Paling Bener Percaya Sama Tuhan Aja