Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 07 Oktober 2019 | 17:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa jadinya jika anak IPS mengerjakan soal-soal anak IPA yang tidak mereka pelajari? Jadinya seperti jawaban soal Kimia yang bikin ngakak ini.

Pelajaran jurusan IPS yang ada di SMA atau sederajat umumnya mencakup sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, dan akuntansi. Oleh karena itu, jarang sekali jurusan IPS mengerjakan soal-soal yang biasa dikerjakan oleh jurusan IPA.

Sebuah foto yang diunggah melalui base Twitter @edcfess pada 3 Oktober, memperlihatkan kelakuan anak IPS yang mengerjakan soal Kimia.

Dalam salah satu soal Kimia ia diminta untuk menuliskan fraksi minyak bumi seperti gas, bensin, nafta, pelumas, aspal, dan sebagainya.

Dikarenakan lintas minat, maka ia menulis fraksi partai. Jawabannya itu pun menjadi sorotan oleh guru kimia yang mengoreksi soal tersebut.

"Kelakuan anak IPS ngerjain soal PTS kimia (lintas minat) disuruh nyebutin fraksi minyak bumi eh dia malah nulis nama-nama partai," tulis sang guru dalam keterangan foto yang diunggah dalam status WhatsAppnya.

Foto tersebut memang terlihat sebanyak delapan partai yang ditulis. Namun, netizen yang melihat unggahan tersebut tak hanya berfokus pada jawabannya mengenai fraksi, tetapi juga soal lainnya yang diminta untuk membuat struktur isomer dari C10H22.

Anak IPS menjawab soal Kimia. [Twitter]

C10H22 sendiri adalah dekana yang yang merupakan senyawa hidrokarbon berjenis alkana dengan rumus molekul CH3(CH2)8CH3 dan memiliki isomer sebanyak 75 isomer.

Lucunya, murid tersebut tidak membuat rantai utama ataupun metil dan etil dari isomer dekana dengan benar. Ia justru menuliskan huruf C sebanyak 10 kali dan H sebanyak 22 kali.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 3.200 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari netizen.

"C-C-C-C-C sampe sepuluh kali," tulis akun @jerimapolin.

"Itu hidrogen sampe 22 ntar njeblug nggak yah ya Allah," komentar @baffypiee.

"Lagian anak IPS disuruh ngerjain kimia. Orang mah anak IPS disuruh ngerjain temennya pasti auto A," tambah @tysnng.

"Gue anak IPS. Waktu diterangin pelajaran kimia ngerti-ngerti aja, tapi kok pas ulangan semester kagak ada yang masuk ke otak ya," ungkap teletubies_666.

"Ngacung yang lintas minat IPSnya kimia. Gila mau mati aja gue pusing," cuit @doysben_.

Anak IPS menjawab soal Kimia. [Twitter]

Itulah kocaknya jika anak IPS diminta jawab soal kimia yang tidak mereka pelajari. Tapi apakah anak IPA juga bisa jawab? Harus bisa dong! (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini