Selasa, 23 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 24 Oktober 2019 | 13:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mantan CEO Gojek, Nadiem Makarim resmi diangkat menjadi Mendikbud atau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia periode 2019-2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Merdeka dalam perkenalan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Diperkenalkan bersama jajaran menteri lainnya, Presiden Joko Widodo memperkenalkan Nadiem Makarim sebagai yang termuda dengan sebutan 'Mas'.

''Saya panggilnya mas. Mas Nadiem Anwar Makarim'' ucap Jokowi dalam momen perkenalan tersebut.

Resmi mengembang tugas sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem menuliskan surat kepada seluruh karyawan Gojek.

Dalam isi surat tersebut, Nadiem mengenang perjalanan pertumbuhan perusahaan dalam sembilan tahun terakhir dan juga menyampaikan harapannya untuk masa depan Gojek.

CEO Go-Jek, Nadiem Makarim. (Suara.com/Aditya Gema Pratomo)

“Gojek dimulai dari nol, hanya bermodal tekad yang kuat untuk membawa perubahan. Saat itu, kita melihat rumitnya lalu lintas Jakarta, padahal ada komunitas ojek yang bisa menjadi solusi jika saja ada yang mengorganisir mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih efisien.

Berawal dari tekad untuk memudahkan hidup keseharian semua orang, Gojek lahir dengan dukungan dari begitu banyak teman, partner bisnis, investor dan stakeholders. Saat ini, Gojek telah menjadi ikon untuk masa depan Indonesia dan Asia Tenggara.

Saya pamit dari Gojek dan saya percayakan kepemimpinan pada dua sosok terbaik yang paling mumpuni, yaitu Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo sebagai co-CEO. Keduanya memainkan peran kunci dalam membawa perusahaan yang bermula dari sebuah kantor kecil di Jakarta Selatan ke panggung dunia.

Banyak keberuntungan yang memihak pada Gojek selama perjalanan ini, tapi saya percaya keberuntungan dalam menjalankan bisnis hanya punya nilai jika ada sosok-sosok brilian yang tahu cara memanfaatkannya. Kevin dan Andre adalah mentor dalam perjalanan saya menjadi seorang leader, mereka adalah talenta-talenta terbaik di Gojek. Keduanya yang menjalankan perusahaan ini selama beberapa tahun terakhir dan saya memiliki keyakinan penuh bukan hanya pada kemampuan mereka dalam hal teknis dan eksekusi, tapi juga yang terpenting, pada integritas dan komitmen di tiap langkah dan keputusan mereka.

Membangun bisnis seperti Gojek sangat menguras tenaga dan emosi, tapi Andre dan Kevin selalu menghadapinya dengan kepala dingin dan komitmen yang tidak pernah padam. Tidak ada yang lebih tepat dari mereka untuk memimpin Gojek di fase pertumbuhan berikutnya.” tulis Nadiem Makarim yang dikirim melalui email untuk karyawannya.

Setelah ditinggal Nadiem Makarim, kini Gojek dipimpin oleh Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi.

Nadiem Makarim bersama, Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo. (Gojek)

Dilansir dari siaran persnya, Andre Soelistyo akan fokus pada pengembangan strategi korporasi, meliputi pengelolaan alokasi modal, ekspansi internasional serta layanan pembayaran dan jasa keuangan.

Sedangkan Kevin Aluwi, fokus pada pengembangan produk Gojek serta pemasaran, pengembangan organisasi dan juga bisnis ride-hailing dan pesan-antar makanan.

Selamat bertugas Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Gojek Luncurkan Jaket Baru, Berharap Bisa Memperkuat Semangat Gotong Royong