Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 06 November 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Potret jadul pelajar di Jakarta tahun 1980-an hingga 1990-an belum lama ini menjadi viral di Instagram. Diunggah @ringkasansejarah, unggahan ini jelaskan asal mula tawuran di ibu kota.

Tidak diketahui kebenaran kisah ini. Namun, unggahan @ringkasansejarah ini kurang lebih memberikan gambaran terkait tawuran yang sering kali dilakukan oleh pelajar-pelajar.

Menurut keterangan dalam unggahan tersebut, dahulu pada masa 1980-an hingga 1990-an, pelajar-pelajar Jakarta sering kali menggunakan angkutan umum seperti bis dan kereta.

Khawatir sering terlibat dalam tawuran dengan sekolah musuh, para pelajar ini memutuskan untuk membentuk BaSis atau Barisan Siswa yang mengumpulkan para pelajar dengan arah pulang yang sama sehingga dapat berada dalam satu angkutan umum yang sama.

Potret pelajar jadul. (instagram/ringkasansejarah)

Cara ini awalnya dirasa sangat aman. Namun, seiring berjalannya waktu, kelompok BaSis sering kali menimbulkan tawuran dengan kelompok BaSis lain. Alhasil tawuran tidak dapat dihindarkan. Banyak sekolah yang saling bermusuhan karena hal ini.

Pada masanya atau hingga kini, ada beberapa SMA dan STM di Jakarta yang dikenal memiliki BaSis paling besar dan ditakuti di Jakarta, salah satunya adalah STM Boedi Oetomo, Jakarta Pusat.

Dalam potret pelajar tahun 1980-an hingga 1990-an ini nampak para pelajar berfoto di depan bis dan kereta. Pada potret yang lain, pelajar-pelajar ini sedang tawuran dan di jalanan Jakarta.

Potret pelajar jadul. (instagram/ringkasansejarah)

''Barbar sejak dulu'' tulis netizen dengan akun @michael_junior10.

''Tiap BaSis pasti ada pentolannya yang paling di takutin, yang tahu sebutin coba'' komentar akun @ojatbinsukaria.

''Biasa itu anak muda, yang nggak biasa udah tuha ribut-ribut di parlemen'' ungkap akun @bettafishrimbai225.

Hingga artikel ini dibuat, unggahan @ringkasansejarah mengenai potret pelajar tahun 1980-an hingga 1990-an yang jelaskan asal mula tawuran sudah mendapat 4.236 likes dan 95 komentar.

BACA SELANJUTNYA

Lihat Harga Tiket Konser Coldplay di Singapura Lebih Murah Dibanding Jakarta, Bikin Netizen Ribut