Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 06 November 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Salah satu hal yang menjengkelkan saat naik motor adalah terkena abu rokok dari pengendara motor lainnya. Netizen dibuat kagum atas aksi seorang biker saat ia menegur pemotor lainnya yang ngeyel masih merokok saat berkendara.

Sebuah fanspage Facebook bernama Dregantz Show membagikan video yang memperlihatkan seorang biker saat ia mengejar pemotor di depannya yang berkendara sambil merokok.

Video yang dibagikan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 4.200 Like dan ribuan komentar dari netizen.

Sangat menarik, video tersebut juga telah dibagikan lebih dari 10 ribu kali hanya dalam waktu 3 hari saja.

Sekadar diketahui, pemotor yang merokok saat sambil berkendara bisa didenda karena larangannya telah tertuang di Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 pasal 6.

Biker ini menegur pemotor lain saat abu rokok miliknya mengenai mata. (Facebook/ Dregantz Show)

Bahkan pengendara yang melanggar bisa didenda paling banyak sebesar Rp 750 ribu atau pidana kurungan paling lama tiga bulan seperti yang tertuang pada pasal 106 UU No 22 Tahun 2009.

Di dalam video berdurasi hampir satu setengah menit, terdapat seorang biker yang terkena abu rokok pengendara motor lainnya.

Tak terima, akhirnya biker tersebut mengejar sehingga mereka bertemu di lampu merah.

"Mas sorry mas, rokoknya kena mata saya, matiin mas. Sekarang mas! Matiin mas. Kena mata saya, lihat nih merah," kata biker yang ada di video.

Sang biker juga memarahi pacar pemotor yang merokok saat berkendara agar ia ikut mengingatkan orang di depannya.

Meski sempat ngeyel dan bersikeras tidak mau mematikan rokok, setelah diceramahi habis-habisan, pengendara motor tersebut akhirnya mematikan rokok.

Aksi tegas biker yang menceramahi dan menegur keras pemotor yang merokok mendapatkan apresiasi positif dari netizen.

"Mantaap..saya setuju! Salut sama biker satu ni..," kata Takiya Genji.

"Saya pernah pengalaman suami merokok sambil bawa motor, saya di belakangnya. Abu rokok suami masuk ke mata saya. Perih sekali rasanya..Sejak saat itu saya larang dan marahi suami saya kalau merokok pas bawa motor," komentar Erni Wati.

Itulah tadi aksi inspiratif seorang biker yang menegur pemotor lain yang merokok saat berkendara sehingga viral di Facebook, bagaimana menurut kamu?

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Efek Tak Terduga yang Dialami Perokok Usia Paruh Baya