Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 25 November 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penipuan melalui media sosial kini kian marak, kini pengguna Instagram harap waspada pasalnya penipuan ini tengah membawa nama merek kacamata Ray Ban.

Alih-alih memberikan diskon besar-besaran, penipuan ini dirancang untuk mencuri data privasi pengguna.

Penipuan ini telah tersebar di media sosial Instagram, di antara itu pengguna pasti akan melihat unggahan penawaran Ray Ban dengan diskon yang luar biasa.

Salah satu unggahan Instagram menjanjikan diskon 90 persen untuk sepasang kacamata desainer.

Dilansir dari laman The Sun, unggahan tersebut akan mengarahkan pengguna ke situs web, tetapi sebenarnya hal tersebut adalah penipuan terbesarnya.

Penipuan berkedok diskon. (Instagram)

Diskon kacamata Ray Ban tidaklah nyata dan dipastikan unggahan tersebut adalah penipuan untuk mencuri detail privasi dan informasi pengguna. 

Jenis penipuan phishing ini tidak biasa, karena mudah dijalankan dan sangat efektif, pasalnya menawarkan barang-barang premium yang ditawarkan dengan harga diskon adalah cara yang baik bagi para penjahat.

Penipuan ini dirancang untuk memikat korban yang tidak sadar akan mengetikan alama website penipuan tersebut. 

Seorang pakar kemanan siber di ESET, Nick FitzGerald, ''Ini tampaknya merupakan kelanjutan dari atau dimulainya kembali penyalahgunaan akun media sosial lama yang diselipkan iklan palsu atau barang palsu''.

Diduga akun tersebut dibeli di web gelap dan digunakan untuk menyebarkan posting scam atau penipuan.

Dilaporkan The Sun, seorang pengacara privasi Comparitech.com, Paul Bischoff mengatakan ''seperti nya seseorang membeli banyak akun Instagram yang diretas di web gelap dan menggunakannya menyebarkan spam.''

Apakah kamu salah satu pengguna Instagram yang terkena penipuan diskon besar-besaran Ray Ban? Waspada dan jangan mudah tertipu.

BACA SELANJUTNYA

Jerome Polin Kena Spill Netizen di Twitter, Dituding Lakukan Penipuan