Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 29 November 2019 | 15:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - F5 Networks, penyedia layanan aplikasi cloud hybrid mengumumkan kerjasamanya dengan Amazon Web Services (AWS). 

Hal ini diumumkan dalam Strategic Collaboration Agreement (SCA)atau Perjanjian Kerjasama Strategis jangka panjang di tingkat global dengan Amazon Web Services.

Dengan kerjasama ini para pelanggan dapat menggunakan F5 Networks untuk mendukung kinerja aplikasi-aplikasi baru yang ditanam di cloud (cloud-native) serta memperluas investasi pelanggan untuk solusi F5 Networks yang sudah ada dengan solusi F5 Networks versi cloud di Amazon Web Services.

Layanan aplikasi F5 Networks menjamin kinerja dan keamanan jutaan aplikasi bagi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Kesepakatan ini akan meningkatkan kemampuan perusahaan-perusahaan dalam memanfaatkan jajaran  layanan Software-as-a-Service (SaaS) yang lengkap dan layanan aplikasi cloud-native dari F5 Networks untuk bermigrasi, membangun, mengamankan, dan mengoperasikan aplikasi-aplikasi mereka di Amazon Web Services.

Dengan kerangka kerja yang terstruktur dari kerjasama ini para pelanggan memiliki model operasional yang konsisten dan terukur bagi aset-aset aplikasi mereka di Amazon Web Services.

Para pelanggan juga dapat mengeksplorasi inovasi-inovasi masa depan yang meningkatkan migrasi dan pengoperasian aplikasi ke cloud.

Ilustrasi layanan Cloud. (Pixabay)

Selain itu, para pelanggan juga dapat menggunakan solusi-solusi F5 Networks yang canggih untuk menstandarkan, meningkatkan kapasitas, dan mengoptimalkan layanan aplikasi untuk lingkungan Amazon Web Services, mulai dari lift-and-shift dan re-platforming, hingga pengembangan dan modernisasi aplikasi secara penuh.

"F5 telah bekerjasama erat dengan AWS selama bertahun-tahun dan kerjasama terbaru adalah untuk penawaran SaaS kami, yakni F5 Cloud Services. Bersama AWS, kami menyediakan serangkaian solusi yang membantu perusahaan-perusahaan mengimplementasikan aplikasi secara cepat dan aman, sekaligus memastikan aplikasi-aplikasi tersebut bekerja dengan baik dan taat pada peraturan/kebijakan," tutur Chad Whalen, Executive Vice President, Worldwide Sales di F5 Networks.

"Hal ini sejalan dengan strategi kami untuk mendukung praktik-praktik DevOps modern dan melayani tim-tim teknik dengan kemampuan yang menciptakan jalur yang paling efisien mulai dari pengembangan hingga implementasi aplikasi oleh pelanggan." imbuhnya.

Perusahaan-perusahaan mengadopsi cloud untuk mempercepat siklus inovasi dan menciptakan efisiensi, tetapi saat ini banyak perusahaan harus mengelola data center dan lingkungan cloud terpisah, sehingga menaikkan biaya operasional, menambah kompleksitas, dan meningkatkan risiko.

Untuk itu, para pelanggan membutuhkan solusi cloud hybrid yang memungkinkan aplikasi dijalankan dengan kinerja dan keamanan yang konsisten terlepas dari lokasi aplikasi tersebut ditanam.

Kerjasama yang dilakukan F5 Networks dan Amazon Web Services ini menjadi solusi yang memungkinkan perusahaan-perusahaan menggunakan layanan aplikasi F5 Networks di semua lingkungan.

Ilustrasi layanan Cloud. (Pixabay)

Selain itu, solusi F5 Networks akan mempermudah tim DevOps dan pengembang aplikasi untuk menyediakan, mengkonfigurasi, dan mengelola layanan melalui API atau portal web, tanpa memerlukan keahlian mendalam di bidang jaringan atau keamanan.

"Kemampuan untuk mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi di AWS dengan menggunakan layanan F5 adalah persyaratan penting bagi banyak pelanggan yang telah menerapkan standar F5 dalam penyediaan dan keamanan aplikasi mereka," ujar Mike Clayville, Vice President, Worldwide Commercial Sales and Business Development di Amazon Web Services, Inc.

"Kerjasama ini meningkatkan hubungan historis kami dengan F5 ke level yang lebih tinggi. Hal ini akan menjadi aset luar biasa bagi para pelanggan seiring dengan aktivitas mereka membangun aplikasi-aplikasi cloud-native baru di AWS dan memindahkan banyak beban kerja  penting seperti SAP dan Windows ke AWS." imbuhnya.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, F5 Networks dan Amazon Web Services akan bekerja sama menciptakan jalur mulus yang memudahkan pelanggan melakukan upgrade ke layanan aplikasi F5 Networks generasi berikutnya, termasuk:

Layanan Cloud F5 Networks: Layanan kinerja dan keamanan aplikasi cloud-native berbasis SaaS. BIG-IP Virtual Edition: Lapisan  penyediaan dan keamanan aplikasi Layer 4–7 berbasis software dengan fitur lengkap.

NGINX: Manajemen API yang ringan, sangat skalabel, dan sangat berkinerja tinggi, dan software proxy dengan layanan lengkap yang dibangun di atas server web open source terkemuka di dunia.

Silverline: Platform layanan terkelola berbasis cloud untuk perlindungan dari ancaman aplikasi. Aspen Mesh: Mesh layanan dengan dukungan penuh untuk penggunaan tingkat enterprise yang dibangun di atas Istio.

"StockCharts.com mendapat banyak manfaat dari kerjasama erat antara F5 dan AWS," kata Chip Anderson, Founder dan President StockCharts.com.

"Dengan memanfaatkan solusi cloud F5 di AWS, strategi cloud baru kami memungkinkan penyediaan jajaran aplikasi web yang lebih cepat, andal, aman, dan skalabel bagi para pelanggan. Kami kini menyediakan lebih banyak analitik dan data, lebih cepat dari sebelumnya." pungkasnya.

BACA SELANJUTNYA

Google Disinyalir akan Sajikan Layanan Cloud Gaming via Youtube