Sabtu, 07 Desember 2019
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 03 Desember 2019 | 09:15 WIB

Hitekno.com - Sebuah unggahan Facebook menjadi cukup menghebohkan selama gelaran Reuni 212 yang berlangsung pada Senin (2/12/2019) lalu. Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa TNI menyiapkan sarapan gratis untuk peserta Reuni 212. Membantah keras, Kominfo menyebutkan bahwa kabar tersebut adalah hoaks.

Unggahan yang menyebut TNI menyiapkan sarapan gratis untuk peserta Reuni 212 ini dibagikan oleh salah satu pengguna Facebook lengkap dengan foto yang diambil di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Nampak dalam foto tersebut, sebuah spanduk bertuliskan ''Silahkan Sarapan Gratis Saudaraku, Cukup Bayar dengan Alhamdulillah''. Di belakang spanduk tersebut nampak jelas tugu Monas yang berdiri kokoh.

Dibagikan dengan momen yang pas dengan gelaran Reuni 212 yang tengah berlangsung. Kabar ini jelas saja dipercaya oleh beberapa orang sesaat setelah menjadi viral di media sosial.

Reuni 212 di Monas Senin (2/12/2019). (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Membantah isu hoaks yang beredar di masyarakat, Kominfo melalui situs resminya mengklaim kabar ini sebagai disinformasi yang sengaja dibagikan oleh oknum tersebut walaupun sudah mengetahui bahwa isu ini adalah hoaks.

Dikutip dari situs resminya, Kominfo menyebutkan bahwa foto ini merupakan foto lama dan benar terjadi di 3 Desember 2016 lalu saat Aksi Nusantara Bersatu yang digelar di Monas.

Aksi Nusantara Bersatu sendiri merupakan gelaran yang digagas oleh TNI serta dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dari pemerintah, tokoh agama, hingga tokoh masyarakat.

Reuni 212 di Monas Senin (2/12/2019). (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Untuk memberikan kenyamanan selama acara, pihak TNI menyediakan berbagai makanan sebagai sarapan untuk para tamu dan dapat dinikmati secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Sayangnya, foto ini disalahgunakan dan diklaim menjadi bukti isu TNI siapakan sarapan gratis untuk peserta Reuni 212 yang berlangsung pada Senin (2/12/2019) lalu.