Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 04 Desember 2019 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mendekati akhir 2019 ini, menarik rasanya jika melakukan throwback mengenai deretan isu nasional yang menjadi topik panas sepanjang tahun ini.

Sepanjang 2019 ini, kejadian menghebohkan apa saja yang masih kamu ingat? Terutama kejadian yang menghebohkan secara nasional.

Sepanjang 2019, beberapa isu yang mencuri perhatian antara lain mengenai Pemilu 2019, demo mahasiswa tolak RUU KUHP dan KPK, potret jadul Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, hingga berita duka mengenai beberapa tokoh nasional yang meninggal.

Mengingat kembali deretan isu nasional yang menjadi topik panas sepanjang 2019 ini, berikut tim HiTekno rangkum beberapa di antaranya.

1. Pemilu 2019

Ada sebuah smartphone di dalam kotak suara Pemilu 2019 ini. (Facebook/ Fattan Afif Rachmadiansyah)

Masa Pemilu 2019 menjadi salah satu momen paling panas sepanjang 2019. Perang cuitan hingga hashtag menjadi beberapa hal yang begitu ramai diperbincangkan.

Beberapa di antaranya adalah meme Pemilu 2019, foto selfie Nicholas Saputra dengan jari ungu, hingga penampakan smartphone yang masuk ke dalam kotak suara.

Dari deretan isu nasional terkait Pemilu 2019 yang viral ini, smartphone dalam kotak suara paling mencuri perhatian. Di tengah tumpukan surat suara, nampak smartphone berwarna emas yang membaur dalam kotak tersebut.

Artikel selengkapnya

2. Demo Mahasiswa tolak RUU KUHP dan KPK

Potret muda politisi. (twitter/dianakimaulana)

Usai masa Pemilu 2019, demo mahasiswa mengguncang Indonesia di tahun 2019 ini. Demo mahasiswa ini dipicu munculnya RUU KUHP dan KPK yang dirasa melemahkan pemerintahan.

Demo mahasiswa yang terjadi hampir di seluruh Indonesia ini menyisakan berbagai kisah viral yang mencuri perhatian. Beberapanya seperti entrance anak STM yang bikin merinding, potret muda para aktivis yang menjadi politikus, hingga tiga ketua BEM Universitas kenamaan Indonesia.

Paling menjadi topik panas dari deretan isu nasional terkait demo mahasiswa ini adalah potret muda Fahri Hamzah dan Fadli Zon saat menjadi aktivis.

Menjadi ironi, kedua politikus ini dulunya sempat aktif berdemo menyampaikan aspirasi. Siapa sangka, waktu berlalu dan keduanya justru yang menjadi sasaran demo mahasiswa di tahun 2019 ini.

Artikel selengkapnya

3. Potret muda Tito Karnavian

Potret muda Tito Karnavian. (instagram/ringkasansejarah)

Di awal November 2019 usai diumumkan menjadi Menteri Dalam Negeri RI, potret muda Tito Karnavian saat masih di Akademi Kepolisian viral di Instagram dan membuatnya menjadi salah satu isu nasional paling panas sepanjang 2019.

Diunggah akun @ringkasansejarah, mantan Kepala Kepolisian Negara ini nampak gagah dengan segaram Akademi Kepolisian berwarna cokelat yang ia kenakan.

Dalam potret tersebut, tidak ada yang menyangka bahwa selang 32 tahun kemudian, Tito Karnavian punya karir gemilang dan membuatnya sukses diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri RI ke-29 oleh Presiden Joko Widodo.

Artikel selengkapnya

4. Meninggalnya tokoh nasional

BJ Habibie meninggal dunia. (Suara.com/Oke Atmaja)

Sepanjang 2019, Indonesia cukup bersedih usai ditinggal beberapa tokoh nasional yang begitu akrab ditelinga. Media sosial lalu gempar dengan ucapan bela sungkawa dan rasa duka mendalam.

Kabar duka cita yang menjadi isu nasional pertama datang dari istri Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono yang meninggal pada Juni 2019 di Singapura. Saat itu, tagar #RIPAniYudhoyono begitu menggema dan banjir ucapan duka dari netizen.

Selang satu bulan, Kepala BNPB, Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Juli 2019 usai berjuang melawan kanker paru yang ia derita. Tagar #ripsutopo menjadi ruang berisi ucapan duka cita dari netizen untuk sosok yang cukup aktif di Twitter ini.

Indonesia mungkin paling terpukul dengan berita meninggalnya Presiden ke-3, BJ Habibie pada September 2019 usai dirawat intensif di rumah sakit. Saat itu, kata kunci 'BJ Habibie' mendominasi kolom Trending Twitter Indonesia, doa dan ucapan duka cita dari netizen mengiring kepergian Bapak Teknologi Indonesia ini.

Artikel selengkapnya

Itu tadi 4 isu nasional yang menjadi topik panas sepanjang 2019. Mana di antara isu nasional di atas yang begitu kamu ikuti di tahun 2019 ini?

BACA SELANJUTNYA

Perjalanan Timnas eSports MLBB di SEA Games 2019, Siap Raih Emas di Tahun Ini?