Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 24 Desember 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagi sebagian orang, lolos tes praktik untuk mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi) di Indonesia memang susah-susah gampang. Pria ini membagikan curhatan ketika dirinya justru lolos ujian SIM di Amerika Serikat padahal sebelumnya ia gagal tes SIM di negeri sendiri.

Seorang netizen dengan akun Facebook bernama Ahmad Rif'an Khoirul Lisan membagikan postingan menarik melalui forum "info cegatan jogja".

Postingan yang dibagikan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 8.200 Like dan ribuan komentar dari netizen.

Hanya dalam waktu sehari saja, postingan bahkan telah dibagikan lebih dari 850 kali.

Akun Facebook bernama Ahmad Rif'an Khoirul Lisan menceritakan dan mengklaim bahwa dirinya pernah mencoba membuat SIM di daerah Bantul, Yogyakarta di tahun 2018.

Netizen ini menceritakan bahwa dirinya lebih mudah memiliki SIM di luar negeri jika dibandingkan di Indonesia. (Facebook/ Ahmad Rif'an Khoirul Lisan)

Dia merasa ujian SIM-nya sangat susah.

Bahkan meski semua kesempatan tes praktik sudah ia habiskan, ia masih saja gagal.

Pada akhir tahun 2018, ia berangkat ke Arizona, Amerika Serikat dan ia langsung tes untuk mendapatkan SIM mobil di pertengahan tahun 2019.

Dalam profil Facebook, pria itu mencantumkan bahwa dirinya bekerja pada Watershed Management Group yang terletak di Tucson, Arizona, Amerika Serikat.

Khoirul Lisan juga mencantumkan informasi bahwa dirinya pernah mengambil studi Water, Society and Policy (MS) Program di University of Arizona.

Postingan netizen yang membandingkan mudahnya ujian SIM di Amerika dibandingkan di Indonesia. (Facebook/ Ahmad Rif'an Khoirul Lisan)

Ia menceritakan pengalamannya dan menjelaskan bahwa dirinya merasa bahwa ujian SIM di Amerika Serikat justru lebih mudah.

Khoirul Lisan hanya melakukan satu kali tes namun langsung lolos.

Sistem ujian SIM di AS juga dianggap "memanusiakan manusia" sehingga memang didesain untuk mempermudah warganya dalam mendapatkan SIM.

Ia juga menceritakan bahwa di AS jarang terjadi razia dan tidak ada calo SIM yang bertebaran.

Pengalaman seorang netizen mendapatkan SIM di AS yang viral di Facebook mendapatkan beragam komentar dari netizen.

Netizen ini membagikan SIM yang diperoleh dari Amerika Serikat. (Facebook/ Ahmad Rif'an Khoirul Lisan)

"Hidup di Indonesia jangan kagetan mas. Biasa saja, kalau kagetan nanti takutnya jadi edan (gila)," kata F*j*r R*y*d*.

"Ujian SIM di sini memang lebih sulit mas. Tapi yo memang sengaja dibuat kayak gitu, pengendara di sini sering belok tiba-tiba mak kluwer, jalannya juga masih bolong-bolong. Jadi tes zigzag yang sulit juga lumrah..wkwkwk," pendapat R'W*ndo J*p I*o.

"Kalau jujur itu biasanya sulit mas. Tapi kalau nggak jujur malah gampang," tulis D*s* Y*nt*.

Itulah tadi pengalaman netizen yang mendapatkan SIM di Amerika Serikat tapi gagal saat tes di Indonesia sehingga viral di Facebook, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Giliran Perusahaan Teknologi AS Balik Diblacklist China, Amerika Malah Mengeluh