Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 Januari 2020 | 12:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hari pertama di 2020 diwarnai dengan hujan deras hingga banjir melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Melihat banjir ini, netizen ramai menyalahkan pemerintah.

Beragam respon netizen pun bermunculan di jejaring sosial media terkait banjir yang dikabarkan parah tersebut.

Beberapa di antara komentar yang bersliweran menghujat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hingga Presiden Jokowi yang dianggap tak becus mengatasi permasalahan kronis tiap musim hujan di Jakarta tersebut.

Meski begitu ada pula sejumlah netizen yang punya pandangan lain bahwa banjir tak hanya merupakan kesalahan pemerintah semata. Ini seperti yang dibagikan akun @picoez.

Akun yang belakangan diketahui milik salah seorang dosen UGM tersebut berkicau bahwa banjir yang terjadi di Jakarta dan beberapa wilayah lain di Indonesia tak bisa hanya menyalahkan pihak pemerintah.

Lebih jauh sosok bernama Agus Affianto ini bahkan mengajak agar siapapun untuk sadar diri bahwa bencana banjir lebih diakibatkan oleh kesalahan manusia.

"Banjir itu merupakan akibat dari kesalahan manusia semua termasuk aku, kalian semua bukan hanya salah pemerintah saja. Bukan cuma Anies, bukan cuma Jokowi bukan juga cuma Donald Trump," tulis dosen UGM ini dalam bahasa Jawa.

Tanggapan pedas dosen UGM kepada netizen yang salahkan pemerintah pada banjir Jakarta. (Twitter/ picoez)

Kicauan Dosen Fakultas Kehutanan UGM ini pun disambut beragam komentar. Salah satunya oleh salah satu tokoh Islam, Ulil Abshar Abdalla.

"Tenang prof pancen do edyan kabeh wong2 kuwi (tenang prof memang pada gila semua orang-orang itu)," kicaunya.

"Sabar prof siapapun pemimpinnya hujan tetap ada banjir tetap mengancam. Tapi semua dikasih wewenang sama oleh rakyat. Bedanya ada orang yang pandai untuk menghadapi banjir ada juga yang oon untuk bisa atasi banjir, masa gitus aja ga tahu," kata aku @ovick2000.

Sebagai informasi, hingga Kamis (2/1/2020) berdasarkan laporan dari Twitter @TMCPoldaMetro, banjir di sejumlah wilayah di Jakarta masih urung surut.

Beberapa di antaranya yakni Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading dan kawasan Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan. Selain di Jakarta, banjir juga melanda sejumlah titik di Tangerang, Bekasi dan Lebak.

Itulah cuitan pedas dosen UGM kepada netizen yang menyalahkan pemerintah akan banjir yang terjadi. (SuaraJogja.id/ Galih Priatmojo).

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi