Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 06 Januari 2020 | 11:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru-baru ini menjadi topik panas usai pencarian Google mengenai "gubernur terbodoh" memunculkan hasil yang terkait dengan dirinya. Mendapat gunjingan di media sosial, berikut analisa tim HiTekno.com mengenai hal ini.

Gunjingan di media sosial terkait Anies Baswedan yang dikaitkan dengan "gubernur terbodoh" di Google Trends ini ramai beredar di Twitter. Beberapa akun mengunggah hasil pencarian Google dari "gubernur terbodoh".

Salah satunya netizen dengan akun @permadiaktivis. Mengunggah bukti Google Trends pada Minggu (5/1/2020), netizen ini menemukan kata kunci "gubernur terbodoh" sebagai yang paling populer di fitur Google tersebut.

''Lagi heboh Gubernur Terbodoh kemarin sampai 200 ribu penelusuran di Google,'' tulis @permadiaktivis dalam cuitannya.

Usai menjadi viral, banyak netizen yang ramai-ramai mencoba untuk membuktikan hal tersebut. Benar saja, hasil pencarian Google untuk "gubernur terbodoh" adalah beberapa artikel terkait Anies Baswedan.

Hasil pencarian Gubernur Terbodoh. (Google)

Selain itu, hasil pencarian gambar di mesin pencari Google juga menampilkan foto-foto Anies Baswedan.

Entah bagaimana cara kerja dan algoritma mesin pencari Google ini. Selain itu tidak diketahui dengan pasti mengenai pemicu hasil pencarian ini.

Hasil pencarian Gubernur Terbodoh. (Google)

Cukup membuat heboh di media sosial, ketika tim HiTekno.com melakukan penelusuran ke Google Trends. Pada Minggu (5/1/2020), pencarian dengan kata kunci "gubernur terbodoh" memang menempati urutan pertama dengan lebih 200 ribu penelusuran.

Kata dan berita yang terkait dengan kata kunci ini adalah nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Beberapa portal berita yang memberitakan hal ini menempati urutan pertama dalam hasil pencarian.

Hasil pencarian Gubernur Terbodoh. (Google Trends)

Diduga kuat munculnya kata kunci "gubernur terbodoh" yang dikaitkan dengan nama Anies Baswedan ini merupakan buntut dari musibah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya. Mengingat, banyak kritikan yang diberikan untuk Anies Baswedan terkait musibah ini.

Jauh sebelum Anies Baswedan disebut "gubernur terbodoh" sosok Presiden Amerika Serikat, Donald Trump juga pernah muncul sebagai hasil pencarian untuk kata kunci "idiot" di Google. Sayangnya, Google tidak punya penjelasan apapun terkait hal ini.

BACA SELANJUTNYA

Cara Main Mobile Legends Bang Bang di PC Pakai Google Play Beta