Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 17 Januari 2020 | 09:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah kemarin dihebohkan Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, kini media sosial dibuat geger dengan munculnya Sunda Empire.

Postingan terkait Sunda Empire telah membuat heboh media sosial dengan mengklaim pemerintah dunia akan berakhir pada Agustus 2020.

Unggahan ini dibagikan oleh akun akun Facebook Yuni Rusmini pada Kamis (16/1/2020). Ia mendapatkan informasi adanya Sunda Empire berdasarkan postingan dari akun Renny Khairani Miller pada 9 Juli 2019.

"Lho, nggak sengaja saya menemukan sebuah postingan sebuah akun Facebook apaan ini, bikin negara baru. Postingan tertanggal 9 Juli 2019. Ini mumcul lagi bukan cuma bikin kerajaan tapi negara," tulis Yuni Rusmini.

Tampak pula foto-foto peserta yang tergabung dalam acara tersebut.

Mereka memakai pakaian mirip seragam militer yang lengkap dengan lencana dan tanda bintang.

Sementara itu, postingan akun Renny Khairani Miller pada 9 Juli 2019 juga berisi ajakan untuk bergabung dengan Sunda Empire.

Heboh Sunda Empire, Klaim Pemerintahan Dunia Berakhir Agustus 2020 (Facebook Yuni Rusmini)

Seperti dikutip HiTekno.com pada Kamis (16/1/2020), akun tersebut memberikan narasi sebagai berikut.

"SUNDA EMPIRE - EARTH EMPIRE, Dalam menyambut Indonesia baru yg lebih makmur dan sejahtera, dgn system pemerintahan dunia yg dikendalikan dari koordinat 0.0 di Bandung sebagai Mercusuar Dunia. Masa pemerintahan Dunia yg sekarang akan segera berakhir sampai dgn tgl 15 Agustus 2020. Mari kita persiapkan diri kita utk menyongsong kehidupan yg lebih baik dan sejahtera. Agar kita tdk menjadi budak di negara sendiri dan hidup hanya utk membayar tagihan yg terus naik dan biaya hidup yg terus melambung tinggi apalagi biaya pendidikan anak yg tdk gratis, setelah itu kita tua dan mati, terus pikniknya kapan?"

Rata-rata warganet merasa heran dengan adanya Sunda Empire dan orang-orang mau bergabung di sana.

Seperti komentar yang ditulis Nadia Mayriska Putri, "Kok ada aja orang yang mau diajak jadi pengikutnya...pinter keblinger".

"Kemarin kerajaan sejagat di Purworejo..Eh sekarang nongol lagi negara baru yang disebut sunda empire di bandiung," tulis Amoe Dech.

"Paling juga ujung-ujungnya kayak kerajaan kmaren, pada kena tipu para pengikutnya," komentar dari Rahayu Chan.

Kanal YouTube bernama Alliance Press International unggah video Sunda Empire (YouTube)

Pantauan HiTekno.com, postingan Renny Khairani Miller ini telah dihapus dan terakhir dapat diakses pada 16 Januari 2020.

Namun jejak digital Sunda Empire terlacak di platform lain, seperti di YouTube.

Kanal YouTube bernama Alliance Press International mengunggah beberapa video yang berkaitan dengan Sunda Empire ini. Bahkan video terakhir diunggah pada dua minggu yang lalu.

Itulah kehebohan Sunda Empire di media sosial yang mengklaim pemerintahan dunia segera berakhir pada Agustus 2020. (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

Foto Jadul Wanita Sunda Tahun 1930, Netizen: Cantik dan Anggun Ya