Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 19 Januari 2020 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nama Haerul mendadak terkenal semenjak ia merakit pesawat terbang sendiri. Bahkan seseorang dari banding sempat menawar pesawat rakitan miliknya setelah viral.

Montir perakit pesawat terbang asal Pinrang, Sulawesi Selatan ini mengaku kalau ia mendapatkan penawaran dari seorang warga Bandung, Jawa Barat.

Tawaran itu, kata Haerul seperti dilansir Suara.com, ditolak. Ia masih ingin mengembangkan pesawat kecil yang dirakitnya dari barang-barang rongsokan itu.

"Kemarin ada yang menghubungi dan menawar pesawat terbang ini dari Bandung dan saya langsung menolak," ujar Haerul dikonfirmasi dari Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (17/1/2020).

Haerul, yang bersekolah sampai kelas 3 SD itu, mengatakan ia tidak punya niat untuk menjual karyanya tersebut. Pesawat itu dirakitnya dari barang rongsokan dan menelan dana sekitar Rp 23 juta.

Pesawat terbang rakitan. (Instagram/ segalojambi)

"Untuk saat ini lebih baik saya museumkan. Saya memang tidak berniat menjual pesawat ini," kata perakit pesawat terbang ini.

Haerul mencuri perhatian publik setelah ia sukses menerbangkan pesawat buatannya di Pantai Ujung Tape, Kecamatan Mattiro Sompe, Pinrang, Rabu (15/1/2020).

Pesawat terbang tersebut menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja 150 cc bekas yang dibelinya seharga Rp 15 juta.

Roda pesawat itu ia ambil dari gerobak, sementara lapisan sayapnya dari parasut bekas. Ia menghabiskan total Rp 8 juta untuk komponen-komponen selain mesin.

Itulah kisah Haerul montir perakit pesawat terbang asalah Pinrang, Sulawesi Selatan. Meski sudah ditawar, ia tak mau melepaskan pesawat terbang rakitannya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Kenapa Rute Pesawat Terbang Tidak Lewat Samudra Pasifik dan Gunung Everest?