Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 19 Januari 2020 | 14:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat beredar informasi yang mengklaim kalau warga negara Israel ikutan menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait banjir.

Konten gugatan warga negara Israel kepada Anies Baswedan tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama @DedeCahyadi.

Akun Facebook @DedeCahyadi mengunggah tangkapan layar artikel dengan logo tempo.co yang berjudul "Pemilik Mobil Yang Terseret Banjir di Kota Ashkelon Israel, Masuk ke Dalam Penggugat Anies".

Tangkapan layar artikel yang tampilkan oleh @DedeCahyadi memiliki tanggal Sabtu, 11 Januari 2020. Sementara unggahan itu dibuat @DedeCahyadi pada 13 Januari 2020. Ia pun menambahkan narasi sebagai berikut.

"Ternyata perkiraan ku salah, ternyata pak anis bukan gubernur indonesia tapi gubernur internasional (emotikon)"

Benarkah warga negara Israel ikut gugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akibat banjir? Cek fakta sebenarnya!

Penjelasan

Cek Fakta: Konten yang mengklaim warga Israel ikut gugat Anies Baswedan akibat banjir (turnbackhoax.id)

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, konten yang dibagikan oleh akun Facebook @DedeCahyadi dengan logo milik tempo.co adalah tidak sesuai dengan artikel asli.

Konten tersebut telah melalui proses penyuntingan.

Artikel asli milik Tempo.co yang terbit pada Sabtu, 11 Januari 2020 pukul 09:18 merupakan berita tentang pemilik mobil BMW yang menggugat Anies.

Berita tersebut berjudul "Pemilik Mobil BMW Terseret Banjir Masuk Daftar Penggugat Anies". Artikel itu juga sama sekali tidak menyebutkan warga Israel.

Tempo.co juga tidak pernah mengeluarkan atau menerbitkan artikel dengan judul sebagaimana klaim dari @DedeCahyadi.

Mobil mewah hanyut saat banjir. (Instagram/ @ridwanhr)

Foto mobil terendam air yang digunakan dalam tangkapan layar akun @DedeCahyadi diketahui adalah foto milik Amir Cohen dari Reuters.

Gambar serupa dipakai dalam artikel yang diunggah oleh liputan6.com berjudul “Hujan Sejam, Banjir Rendam Israel” yang diterbitkan pada 10 November 2015.

Kesimpulan

Jadi, konten yang disebarkan oleh akun Facebook @DedeCahyadi masuk dalam kategori manipulated content atau konten yang sudah dimanipulasi.

Itulah hasil cek fakta dari informasi warga negara Israel yang tuntut Anies Baswedan terkait banjir, yang ternyata konten manipulasi. (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?