Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 22 Januari 2020 | 07:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Wartawan senior, Ilham Bintang telah melaporkan kasus pembobolan rekening pasca nomor telepon seluler miliknya dibajak. Terkait laporan ini, Polda Metro Jaya sedang melakukan penyelidikan.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Ilham Bintang menjadi korban pencurian kartu SIM seluler. Setelahnya, pelaku membobol uang di rekening bank miliknya.

Terkait laporan tersebut, polisi akan segera memanggil Ilham untuk diperiksa sebagai pelapor dalam kasus tersebut.

"(Ilham akan dipanggil) semua pasti (dipanggil) karena dia kan melapor," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (21/1/2020).

Namun, Yusri tak menjelaskan secara rinci kapan waktu terkait agenda pemeriksaan terhadap Ilham. Dia beralasan laporan tersebut baru diusut oleh Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro.

"Betul laporan polisinya sudah ada, sudah masuk ke Dirkrimum untuk segera diproses, karena baru kemarin Senin di meja beliau, hari ini sudah masuk ke unit yang menangani. Ada satu unit dari Subdit Jatanras di Polda Metro Jaya, kami tunggu saja prosesnya," katanya.

Sebelumnya, Ilham Bintang melapor ke Polda Metro Jaya pada Jumat (17/1/2020). Laporan tersebut telah diterima polisi dengan nomor laporan LP/349/I/Yan2.5/2020/SPKTPMJ.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Suara.com/M Yasir).

Dalam laporannya, Ilham menunjuk Elza Sjarief sebagai kuasa hukum terkait kasus tersebut. Bahkan dia telah merampungkan semua data yang dibutuhkan untuk proses hukum.

Data tersebut dimulai dari rekaman CCTV pada 3 Januari 2020 pukul 21.02 WIB di Gerai Indosat, Mal Bintaro Jaya Xchange, Banten, formulir isian terduga pelaku, rincian transaksi di Bank Commonwealth, hingga kartu kredit BNI.

Ilham Bintang mengatakan pencurian nomor kartu ponsel dan pembobolan rekening miliknya berawal dari pertukaran kartu di gerai Indosat yang dilengkapi CCTV.

Dari rekaman CCTV menunjukkan terjadinya tindak kejahatan yang menimpa Ilham Bintang.

"Mestinya ketika mengetahui terjadinya tindak kejahatan pidana seperti itu, harusnya segera dilaporkan kepada pihak kepolisian. Ketika saya melaporkan tindak kejahatan yang menimpa saya kepada pihak kepolisian, saya baru mengetahui bahwa sayalah orang pertama yang melaporkan kasus tersebut," ujarnya.

Foto rekaman CCTV yang menunjukkan terduga pelaku pencurian nomor ponsel milik wartawan senior Ilham Bintang, di gerai Indosat, Bintaro Jaya Xchange. (sumber: akun resmi Facebook Ilham Bintang)

Menurut Ilham Bintang, dia sempat mengatakan kepada pihak Indosat dan Bank Commonwealth bahwa dirinya sebagai korban dirugikan secara konkret, tapi yang sebetulnya dihantam oleh pelaku kejahatan tersebut adalah sistem pengawasan Indosat dan Bank Commonwealth, sehingga hal ini tentunya dapat membuat ketakutan bagi konsumen ke depannya.

Ilham Bintang juga menyampaikan pihak Indosat sudah menemuinya dan dalam pertemuan tersebut Indosat memberikan data yang dimintanya mengenai rekaman CCTV, surat yang mengonfirmasi terjadinya pertukaran kartu SIM pada 3 Januari 2020, dan fotokopi formulir yang diisi pelaku. (Suara.com/ Yosea Arga Pramudita).

BACA SELANJUTNYA

Duh Setiap Hari Rata-Rata 248 Ponsel Dicuri di London: Polisi Terbukti Tidak Efektif