Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Kamis, 23 Januari 2020 | 14:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali jadi sorotan netizen di media sosial. Kali ini, beredar informasi yang menyebutkan Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia.

Kabar itu viral di Facebook, usai dibagikan akun Almukor Robin ke Grup Indonesia Bersuara, belum lama ini. 

Akun tersebut membagikan foto Anies Baswedan yang tengah melakukan sesi foto bersama pejabat dunia. Dalam foto itu, tertulis narasi berikut.

Dr. Anies Rasyid Baswedan dinobatkan mnjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figur pemimpin terbaik di Indonesia.

Sementara sebagai narasi unggahannya, Almukor Robin menuliskan, "Dikelilingi oleh para pemimpin terbaik dunia, pak Anies biasa2 aja mendapat prestasi demi prestasi, diam namun berkarya, klo yang lain itu bnyak bac** aja, kerja nol besar".

Anies dinobatkan jadi gubernur terbaik di dunia. (Facebook/Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax)

Lantas benarkah Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia?

Penjelasan

Seperti dikutip Suara.com dari Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax, unggahan tersebut tidak benar. Dari hasil  penelusuran gambar di Google, ditemukan foto yang identik dengan unggahan Almukor Robin di beberapa situs.

Seperti SINDOnews.com lewat artikel berjudul "Hebat..! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Wali Kota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019" yang dimuat pada Sabtu (13/7/2019).

Dalam artikel tersebut diberitakan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama 74 pemipin kota terpilih lainnya diundang dala pertemuan kota-kota dunia "World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019" yang berlangsung di Medellin, Kolombia.

Lewat forum tersebut, pemimpin kota yang diundang mendapat pemahaman mengenai pembangunan berkelanjutan, perencanaan dan pengembangan masalah perkotaan.

Anies dinobatkan jadi gubernur terbaik di dunia. (Facebook/Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax)

Sementara, foto serupa dengan judul yang berbeda juga ditemukan dalam situs bontangpost.id pada Rabu, (24/7/2019). Situs tersebut memuat artikel berjudul "Wali Kota Neni Diundang ke Kolombia, Dipilih karena Berkualitas, Satu-satunya dari Indonesia Timur", yang membahas tentang pertemuan pemimpin kota dunia.

Disebutkan, Anies bersama pemimpin kota Surabaya, Jambi, Semanrang dan Bontang terpilih untuk menghadiri forum tersebut. Mereka bersama para pemimpin dunia lainnya akan berbagi pandangan dan pengalaman tentang perkotaan.

Anies dinobatkan jadi gubernur terbaik di dunia. (Facebook/Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax)

Begitu pula dengan pemberitaan berjudul "Jakarta Jadi Kota Terbaik di Dunia, Anies: Alhamdulillah" yang dimuat situs CNBCIndonesia.com, Jumat (18/6/2019).

Melalui akun Facebook pribadinya, Anies disebutkan sempat membagikan unggahan tentang Jakarta yang diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik di dunia dalam ajang Sustainable Transport Award yang digelar di Forteleza, Brasil.

Berdasarkan narasi Anies, Jakarta berhasil masuk tiga besar sebagai kota terbaik bersama Pune (India) dan Kigal (Rwanda).

Kesimpulan

Informasi yang dibagikan lewat unggahan Almukor Robin palsu alias hoaks. Konten sengaja ditampilkan dengan narasi dan konteks yang salah atau masuk dalam kategori False Context.

Faktanya dalam foto yang beredar, Anies Baswedan menghadiri forum World Cities Summit 2019 bersama pemimpin kota lainnya, bukan dinobatkan sebagai pemimpin terbaik di dunia.

Itulah penjelasan tentang kabar Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia yang ternyata hoaks kategori False Context. (Suara.com).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Amanda Manopo Cium Arya Saloka di Depan Media?