Jum'at, 28 Februari 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 01 Februari 2020 | 15:00 WIB

Hitekno.com - Pengguna aplikasi maps pasti sudah tidak asing dengan estimasi waktu yang biasanya sudah tersedia dan muncul di fitur Google tersebut. Lama menjadi misteri, ternyata begini cara Google Maps menentukan waktu jalan kaki ke tujuan di aplikasinya.

Hal ini diungkap oleh netizen dengan akun @jendra_aji dalam sebuah cuitan yang ia buat di Twitter pada Kamis (30/1/2020) lalu.

"Pernah kepikiran gak gimana caranya Google Maps bisa tahu kalau kita jalan ke suatu tujuan waktu tempuhnya sekian menit/jam?" tulis netizen ini sambil mengunggah sebuah video.

Nampak dalam video berdurasi 19 detik tersebut, seorang pria dengan benda semacam ransel di punggungnya, berjalan menelusuri sebuah jalan. Nampak benda semacam ransel di punggungnya ini berwarna biru muda dan bertuliskan 'Google Maps'.

Diduga kuat, benda semacam ransel di punggungnya ini adalah alat yang membantu memprediksi waktu tempuh jalan kaki yang nantinya akan muncul di Google Maps saat seseorang mencari penunjuk arah.

Google Maps tentukan waktu jalan kaki ke tujuan. (twitter/jendra_aji)

Setelah cukup lama menjadi misteri, akhirnya hal ini terungkap dan tidak lagi menimbulkan tanya bagi netizen. Dalam kolom balasan unggahan ini, berbagai komentar lalu ditinggalkan.

"Eh baru tahu yang jalan kaki begini, seringnya ketemu yang mobil" tulis netizen dengan akun @astrilia_sari.

"Akhirnya aku bisa tidur tenang" komentar netizen pemilik akun @soyyanti.

"Kalau yang mobile sering lihat, tapi kalau yang jalan kaki belum pernah dan ternyata prosesnya begini" ungkap akun @awnarik.

"Ini bukan cuma ngukur jarak, tapi sekalian update street view. Pakai camera 360 derajat capture sekitarnya. Street view ini sangat membantu kalau lagi cari alamat lengkap dengan bentuk bangunan tujuan" balas netizen dengan akun @beni3bee.

Viral di Twitter, cara Google Maps tentukan waktu jalan kaki ke tujuan ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 202 ribu kali dan mendapat lebih dari 14 ribu retweets dari netizen.