Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 02 Februari 2020 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selebgram telah menjadi profesi yang menguntungkan, karena banyak yang mengidam-idamkan. Namun ada sisi gelap di balik gemerlapnya kehidupan mereka.

Seorang anak selebgram mengeluh di situs Reddit tentang sulitnya mendapat privasi dari orangtuanya sendiri. Remaja yang tak diketahui identitasnya ini mengaku punya ibu selebgram yang mengelola Instagram berisi konten parenting.

Sayangnya, selagi sang ibu berbagi semua informasi 'parenting' anaknya justru merasa tersiksa dan kehilangan privasi.

Melansir Bored Panda, remaja dengan nama akun FinallyAnonymous6 ini kesal karena semua informasi tentangnya muncul di halaman pencarian Google.

Ia khawatir itu akan mempersulit jalannya ketika ia mencari pekerjaan atau bahkan saat mulai berkencan.

"Itu mengesalkan karena ada begitu banyak (informasi) tentang kami dan itu akan muncul ketika aku mencari kerja, ketika aku pacaran, ketika siapa saja mencari namaku," curhatnya di Reddit.

Bukan itu saja yang membuatnya jengkel. Sang ibu juga sering memotretnya diam-diam dan mengunggahnya ke konten dengan alasan 'untuk mencari uang'.

Ilustrasi anak sedih. (Shutterstock)

Akhirnya ia memiliki ide untuk membeli hoodie dengan tulisan bernada keras seperti 'No Photos', 'No Videos', atau 'Respect My Privacy'. Ia tak ingin mengancam ibunya tapi hanya ingin membuat fotonya terlihat buruk.

"Ibuku marah ketika baju-baju itu muncul dan lebih marah ketika aku memakainya. Dia bilang dia hanya ingin foto untuk mengingat masa-masa kecilku," jelasnya.

Ia juga tak suka ketika ibunya bilang, "Aku tak akan mengunggah tanpa bertanya."

"Tapi aku tahu itu tidak benar, dia selalu berkata seperti itu lalu bernegosiasi denganku untuk membiarkan dia mem-posting," lanjutnya.

Dalam kesempatan berbeda, remaja ini pernah mendapati fotonya dalam konten parenting dan ibunya berkata, "Aku pikir tidak apa-apa karena wajahmu tidak tampak." Jika tidak, sang ibu akan berkata, "Kamu hanya di belakang."

Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]

Remaja yang memiliki seorang adik ini sangat putus asa ketika ibunya berkata bahwa seperti itulah caranya mencari uang dan menyuruhnya untuk berhenti berargumen jika ia ingin sesuatu dari ibunya.

Dalam akhir postingannya, ia bertanya, apakah sikapnya memakai hoodie bertuliskan 'No Photos' berlebihan atau tidak?

Bagaimana menurut kalian? Apakah sikap anak selebgram ini berlebihan atau memang sudah saatnya ia menyuarakan haknya? (Suara.com/ Rima Suliastini).

BACA SELANJUTNYA

Jaga Privasi dan Keamanan, Lakukan Langkah Ini sebelum Menjual HP Bekas Pribadi