Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 12 Februari 2020 | 13:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakah kamu pengguna aplikasi Google Play Music di smartphone? Rencananya Google ingin mematikan layanan streaming musik ini. Kenapa?

Google Play Music sendiri memiliki beragam fitur, salah satunya adalah kemampuan untuk mengunggah dan streaming konten pengguna sendiri dalam semacam loker digital.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengunggah musik sebanyak apapun secara gratis dengan bitrate hingga 320kbps.

Tapi saat ini, Google tengah menguji fitur serupa untuk YouTube Music. Kemungkinan besar, akan dirilis secara resmi dalam waktu dekat.

Pengujian fitur baru yang serupa itu menandakan bahwa Google akan segera mematikan layanan Play Music.

Ilustrasi aplikasi Google play music di sebuah smartphone. [Shutterstock]

Dilansir dari Android Authority, Google mengatakan bahwa YouTube Music tidak hanya akan mendapatkan loker unggahannya sendiri.

Tetapi pengguna yang menggunakan Google Play Music dapat mentransfer konten mereka yang sudah diunggah ke YouTube Music dengan mudah.

Meski begitu, masih belum diketahui apakah pengguna YouTube Music dapat mengunggah konten secara tidak terbatas.

Sayangnya, YouTube Music kemungkinan besar tidak akan mendukung bitrate 320kbps. Pasalnya, Google mengatakan tidak memiliki rencana untuk menawarkan bitrate lebih tinggi dari 256kbps.

Ilustrasi aplikasi YouTube Music di ponsel pintar. [Shutterstock]

Google Play Music sendiri diluncurkan delapan tahun lalu pada 16 November 2011. Play Music menyediakan fitur premium All Access bagi penggunanya dengan berlangganan sebesar 9,99 dolar AS per bulan.

Namun, pengguna dengan akun standar dapat mengunggah dan mendengarkan hingga 50 ribu lagu tanpa biaya di Google Play Music. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Meningkatkan Skill SEO Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis