Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Kamis, 13 Februari 2020 | 15:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat beredar di media sosial konten yang mengklaim kalau aktor laga Jackie Chan telah resmi memeluk Islam

Informasi tersebut muncul dalam unggahan pemilik akun Facebook Asdar Gawa. Selasa (11/2/2020).

Akun itu membagikan tangkapan layar artikel Berita-post.com bertajuk: "Alhamdulillah. Akhirnya aktor laga yang terkenal Jackie Chan, sudah resmi memeluk agama islam".

Artikel tersebut menampilkan wajah Jackie Chan yang memakai peci hitam duduk di samping seorang pria yang juga memakai peci.

Akun Facebook Asdar Gawa lantas menuliskan narasi serupa dengan judul berita, sebagai keterangan unggahannya.

Jackie Chan disebut masuk Islam. (Facebook)

Lantas benarkah Jackie Chan resmi memeluk islam?

Penjelasan

Hasil cek fakta dan penelusuran Suara.com Kamis (13/2), unggahan yang menyebut Jackie Chan resmi memeluk islam tidak benar.

Penelusuran lewat mesin pencari dengan kata kunci "Jackie Chan masuk Islam" muncul di sejumlah situs dan dinyatakan sebagai informasi palsu. Seperti yang ditampilkan dalam situs kominfo.go.id, 11 Mei 2019.

Jackie Chan disebut masuk Islam. (Facebook)

Sementara, foto Jackie Chan yang memakai peci hitam di samping seorang pria, pernah dibagikan oleh pemilik akun Twitter @TengkuAdnanReal, 2 Februari 2015.

Dalam narasi unggahannya, akun tersebut menuliskan, "Dua ikon WP Ustaz Khazim dan Jackie Chan saya bersama Ustaz Khazim tahniah tan sri zul wilayahku ceria".

Jackie Chan disebut masuk Islam. (Facebook)

Lewat kata kunci "Ustaz Khazim Jackie Chan" lantas ditemukan informasi baru. Kedua nama itu muncul dalam pemberitaan situs Malaysia, The Star dalam judul "It's no stunt-HK superstar is now Datuk Jackie Chan" yang dimuat pada waktu yang sama dengan unggahan @TengkuAdananReal.

Artikel tersebut membahas soal Jackie Chan yang mendapat gelar kehormatan dari pemerintahan Malaysia.

Berikut cuplikan isi berita tersebut.

Bintang papan atas Jackie Chan mengejutkan banyak orang ketika muncuk untuk menerima gelar datuk dari Yang di Pertuan Agong Tuanku Abdul Halim Muadzam Shah dalam acara Federak Territiry Day.

Ketika nama Chan Song Kang dibacakan, banyak di antara hadiri yang terkejut melihat seorang bintang yang duduk di samping pendakwah kondang Ustaz Kazim Elias, berjalan ke podium menemui raja.

Jackie Chan disebut masuk Islam. (Facebook)

Kesimpulan

Unggahan yang menyebut Jackie Chan resmi memeluk agama Islam palsu alias hoaks. Unggahan tersebut memuat informasi menyesatkan.

Faktanya, aktor laga Jackie Chan memakai peci bukan karena resmi memeluk Islam, melainkan mendapat gelar datuk dari pemerintah Malaysia.

Itulah hasil cek fakta konten yang mengklaim Jackie Chan telah memeluk Islam yang ternyata kabar palsu. (Suara.com).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Simon Cowell Beli Lagu Putri Ariani Seharga Rp 7 Triliun, Benarkah?