Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 21 Februari 2020 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bertempat di Hotel Harper Mangkubumi, Yogyakarta, Biznet resmi menggelar Gio Tech Day. Dalam gelaran tersebut, Biznet mengingatkan betul kepada para pengguna mengenai pentingnya cloud sebagai penyimpanan data dalam jaringan internet.

Mengambil contoh para pelaku UMKM yang saat ini begitu kental dengan jaringan internet. Biznet mengingatkan betul bahwa cloud memiliki peranan penting dan tidak seharusnya diacuhkan.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan penyimpanan arsip secara manual, penyimpanan data di cloud ini memiliki metode yang sama hanya dalam ranah digital.

Dimanjakan dengan teknologi saat ini memang baik dan tanda kemajuan zaman. Namun, Biznet memikirkan dengan matang mengenai apa yang akan terjadi jika teknologi yang selama ini available malah tidak available.

Dampaknya, pengguna perlu mencari solusi lain untuk penanganan hal ini. Biznet lalu menawarkan adanya penyimpanan data melalui cloud ini.

Gio Tech Day Biznet Yogyakarta. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Dalam perusahaan, Business Continuity Plan atau BCP perlu dilakukan sebagai bentuk penanganan antisipasi sistem saat down dan kemudian dapat merugikan banyak pihak.

Selain sistem down, terjadinya bencana alam juga memungkinkan data yang disimpan dalam bentuk fisik menjadi rawan hilang dan rusak. Hal sebaliknya terjadi pada data yang disimpan secara digital, akan aman dan terlindungi.

Arisyi Ihsan selaku Managed Service and Delivery Manager Biznet Gio menjelaskan bahwa penyimpanan data dengan cloud ini sangat fleksibel dan para pelaku UMKM dapat melakukannya dengan request

Gio Tech Day Biznet Yogyakarta. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa beberapa perusahaan e-commerce terbukti sudah menggunakan strategi satu ini demi menyelamatkan datanya masing-masing di cloud. Beberapa perusahaan e-commerce tersebut antara lain Gojek hingga Bukalapak.

Pihak Biznet menjelaskan bahwa hal paling umum dan membuat penyimpanan data di cloud menjadi sangat penting adalah untuk mengurangi kerugian finansial yang bisa berbahaya untuk pelaku usaha ke depannya.

BACA SELANJUTNYA

Google Disinyalir akan Sajikan Layanan Cloud Gaming via Youtube