Kamis, 13 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 22 Februari 2020 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Beredar konten di dunia maya yang mengklaim ada seorang wanita kena azab setelah merobek, membakar hingga kencingi Alquran.

Klaim tersebut dimuat dalam situs Kabar Muslim (kabarmus-lim.blogspot.com) dalam artikel berjudul "Merobek, Membakar dan Kencingi Al-Quran, Wanita Ini Langsung Mendapat Azab Dari Allah".

Dalam artikel itu disematkan foto-foto wanita yang disebut kena azab ini dengan bagian tubuh yang memerah.

Tampak betis dan bagian paha atasnya terlihat infeksi. Terdapat pula narasi seperti berikut ini di sana.

“Dengan tatapan dingin, wanita muda itu menunjukkan sebuah buku bersampul biru, berukuran lebih besar dari buku saku. Rupanya itu adalah Al-Qur’an. Berlatar bendera Slovakia di dalam kawasan bersemak seperti hutan wanita itu perlahan merobek-robek lembaran kitab suci milik umat Islam”.

CEK FAKTA, Informasi yang mengklaim wanita ini dapat azab setelah kencingi Alquran. (turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, klaim yang dimuat dalam situs Kabar Muslim tidak terbukti kebenarannya.

Sumber foto yang disematkan dalam tulisan di situs tersebut merupakan potret dari Dana Sedgewick.

Ia merupakan wanita dari Sheffield, Inggris yang terinfeksi bakteri pemakan daging (Necrotizing Fasciitis). Peristiwa ini terjadi pada tahun 2017.

Beberapa situs juga telah menampilkan foto serupa. Seperti kibris724.com dan Cosmopolitan.

CEK FAKTA, Penjelasan atas klaim wanita ini dapat azab setelah kencingi Alquran. (turnbackhoax.id)

“Dana Sedgewick dari Sheffield membeli pisau cukur baru sebelum mencukur dan memakai bikini, katanya ia teratur melakukannya. 'Jadi saya mencukur dengan cepat dengan pisau cukur baru,' kata Dana kepada Hotspot Media.”

Menurut WebMD, Necrotizing Fasciitis adalah infeksi langka yang sering disebut media sebagai kondisi yang melibatkan “bakteri pemakan daging.” Ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.

Infeksi tersebut dapat menyebabkan kematian. Diagnosis yang akurat, perawatan antibiotik yang cepat, dan pembedahan yang cepat penting untuk menghentikan infeksi ini. Temui dokter segera jika kulit Anda menjadi merah, hangat, bengkak, atau sangat sakit segera setelah cedera atau operasi.

Kesimpulan

Foto asli Dana Sedgewick yang terinfeksi bakteri pemakan daging (Necrotizing Fasciitis) justru dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Jadi, informasi tersebut termasuk dalam kategori konten yang salah atau false context.

Itulah hasil cek fakta dari konten yang mengklaim foto wanita kena azab karena merobek, membakar hingga kencingi Alquran yang ternyata salah dan termasuk false context. (Suara.com/ Rifan Aditya).