Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Rabu, 26 Februari 2020 | 07:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banjir kembali melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta hingga menjadi sorotan khalayak. Termasuk netizen di media sosial yang menyoroti peta Jakarta penuh warna biru sebagai tanda banjir.

Selain itu, di media sosial topik mengenai banjir Jakarta menjadi pencarian terpopuler.

Netizen ramai membagikan beragam cuitan mengenai banjir yang merendam sejumlah titik di ibu kota pada Selasa (25/2/2020).

Tak sedikit dari mereka yang juga melayangkan kritik kepada pemerintah karena banjir yang berjilid-jilid sejak awal tahun.

Namun, salah satu yang ramai diperbincangkan yakni mengenai peta Jakarta yang kekinian didominasi oleh warna biru.

Peta tersebut merupakan hasil bidikan layar dari Google Maps yang sempat diabadikan oleh sejumlah netizen, di mana menggambarkan sebagian besar kawasan di Jakarta secara merata terendam banjir.

Salah satu yang membagikan peta tersebut yakni pemilik akun @Fikri_MA. Sebagai keterangan unggahan, ia menuliskan, "Kalau mau beli rumah di Jakarta mungkin peta ini membantu".

Kawasan Jakarta terendam banjir. (ist)

Sontak, cuitan peta banjir Jakarta tersebut menuai perhatian netizen lain. Mereka memberikan komentar bernada penolakan.

Seperti akun @pedeasasin yang mengatakan, "Dahlah aku beli rumah di Bandung, Jogja, Malang sama Bali aja. Gapapa ngayal yang baik-baik,"

Senada, akun @ohrecyclebinberkomentar, "Dahlah, aku pindah Bogor aja".

Sementara netizen lainnya justru menyoroti wilayah Jakarta yang dinilai terparah kena dampak banjir.

"East Jakarta lah gila kali...," kata @Trianaru.

Cuitan netizen soal peta biru Jakarta. (Twitter)

Politikus PSI soroti peta biru Jakarta

Politisi PSI Guntur Romli turut menyoroti penyebab peta di Google Maps untuk kawasan Jakarta didominasi oleh warna biru lewat Twitter pribadinya.

"Tengoklah foto-foto ini, ada biru di peta Jakarta," kata Guntur seperti dikutip Suara.com.

Guntur menyebut peristiwa banjir tak hanya sekali, namun sudah sering terjadi di ibu kota. Peristiwa tersebut seperti terjadi secara berjilid-jilid.

Ia melontarkan sindiran telak dengan mengajak warga dan sanak saudara untuk datang ke Jakarta. Sebab, di sana mereka bisa berendam dengan cuma-cuma.

"Itulah pemandangan rutin di Jakarta pada beberapa bulan belakangan ini, banjir berjilid-jilid," ungkap Guntur.

Tak sampai di situ, Guntur juga menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai penunggu laut. Sebab, saat ditanyai oleh awak media mengenai target penanganan banjir, Anis selalu menjawab menunggu air laut surut.

"Saya mau tanya: @aniesbaswedan ini gubernur apa penunggu laut? Kok setiap ditanya soal banjir. Kan kata dia air itu harus dimasukkan di dalam tanah/bumi, kok tunggu laut? Begitulah kalau terlalu banyak ngomong nggak pernah kerja," ungkap Guntur.

Itulah keramaian netizen tanggapi banjir Jakarta dan ramainya peta Jakarta di Google Maps yang penuh warna biru. (Suara.com).

BACA SELANJUTNYA

Cara Lacak Lokasi Pasangan Pakai Google Maps, Kekasih Posesif Wajib Tahu