Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 01 Maret 2020 | 12:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Viral di media sosial sebuah postingan membagikan pintu air sederhana untuk cegah banjir masuk rumah. Cara ini membuat netizen takjub.

Seorang pengguna Twitter @dinidini membagikan solusi sederhana mencegah banjir masuk ke dalam rumah. Jelas saja jadi sorotan netizen hingga viral di media sosial.

Netizen ini menceritakan telah menggunakan peralatan sederhana yang telah efektif menyelamatkan rumahnya dari banjir sejak 2007.

Andini Wijendaru mengaku bahwa pintu air tersebut merupakan peninggalan dari almarhum ayahnya. 

"Sebenarnya pintu air ini peninggalan almarhum ayah saya. Beliau dulu terinspirasi pintu air sungai, lalu membuatnya di tukang teralis besi," ujarnya pada Suara.com, Jumat (28/2/2020).

Pintu air sederhana mampu menahan air banjir masuk ke dalam rumah. (Twitter/@dinidini).

Dengan pintu air sederhana yang viral di media sosial ini, diklaim mampu cegah banjir untuk masuk ke dalam rumah. Namun jika ketinggian banjir tak melebihi puntu ini.

Teknologi pintu air sederhana ini terbuat dari plat besi yang dipasang di depan pintu pagar rumah. Agar air tidak merembes, bagian tepi plat besi tersebut dilapisi karet ban.

Papan tersebut kemudian dipasang menggunakan slot rel track yang dipasang secara permanen di bagian luar pagar atau pintu rumah.

Skema teknologi sederhana pembuatan pintu air penahan banjir. (Twitter/@dinidini).

Dalam cuitannya, netizen mengaku menggunakan pintu air ini karena lingkungan rumahnya sering diterjang banjir. Banjir yang dialami merupakan efek dari permasalahan drainase.

Netizen ini juga mengatakan bahwa banyak tempat peresapan air  yang dibeton untuk dijadikan garasi.

"Sudah beberapa kali mengajukan upaya pengentasan banjir ini ke Pemkot Bekasi lewat program Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tahunan, tapi sepertinya bukan prioritas. Mungkin karena yang terdampak sedikit. Jadi yo wis, atasi sendiri pakai pintu air. Stay safe!" tambahnya.

Itulah pintu air sederhana yang bisa cegah banjir masuk ke rumah. Saking bikin takjub netizen, cara ini jadi viral di media sosial. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

Lihat Aldi Taher Ketemu Ariel Noah, Netizen Malah Minta Buat Lagu