Minggu, 27 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 05 Maret 2020 | 11:37 WIB

Hitekno.com - Tak selamanya TikTok dianggap sebagai platform untuk "berjoget kocak", TikTok ternyata bisa cukup ampuh dalam memberikan konten edukasi. Dalam rangka mencegah misinformasi serta memberikan edukasi kepada masyarakat dunia mengenai virus corona COVID-19, World Health Organization (WHO) juga ikut membuat akun TikTok.

WHO membuat akun TikTok pada hari Jumat (28/02/2020) dan kini telah memperoleh follower sebanyak lebih dari 190 ribu akun.

Akun TikTok WHO sepertinya mendapatkan sambutan positif dari netizen karena akun tersebut telah memperoleh lebih dari 1,4 juta Like dalam kurun waktu kurang dari satu minggu.

Juru bicara WHO, Tarik Jasaresic, menjelaskan bahwa saat ini terdapat banyak informasi yang "berlebihan" di mana beberapa di antaranya tidak akurat.

Akun TikTok WHO diharapkan dapat mencegah misinformasi yang terlanjur menyebar luas ke publik.

Akun TikTok milik WHO sudah memiliki ratusan ribu follower. (TikTok)

"Terutama dengan wabah COVID-19 ini terdapat 'infodemik' besar-besaran (informasi yang berlebihan) di mana beberapa akurat dan beberapa tidak. Itu menyulitkan orang untuk menemukan sumber yang dapat dipercaya dan bimbingan yang dapat diandalkan ketika mereka membutuhkannya," kata Tarik Jasaresic dikutip dari Business Insider.

Sebelumnya, WHO juga telah bermitra dengan platform media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Instagram untuk mendistribusikan informasi yang akurat dan mencegah misinformasi.

Saat artikel ini dibuat, akun resmi WHO di TikTok (@WHO) telah mengunggah 4 video.

Dua video pertama yang diunggah merupakan konten edukasi pencegahan virus corona sementara video lainnya merupakan video saat WHO memperingati World Hearing Day.

Akun TikTok WHO memberikan deretan konten video edukasi untuk mencegah virus corona. (TikTok)

Video pertama WHO di TikTok menampilkan Benedetta Allegranzi, seorang pimpinan ilmuwan sekaligus dokter spesialis penyakit menular serta pakar pencegahan dan pengendalian infeksi (IPC).

Dalam video TikTok, Allegranzi menjelaskan berbagai cara untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

Allegranzi merekomendasikan orang-orang untuk sering membersihkan tangan menggunakan produk berbasis alkohol atau sabun dan air.

Orang-orang juga dianjurkan untuk menggunakan siku atau tisu untuk menutupi mulut mereka ketika batuk atau bersin, menghindari individu dengan gejala virus, dan berbagi informasi perjalanan dengan profesional medis jika seseorang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona COVID-19.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai akun TikTok WHO, kamu bisa mengunjunginya melalui aplikasi TikTok kemudian mengetikkan @WHO di kolom pencarian akun.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.