Selasa, 26 Januari 2021
Agung Pratnyawan : Minggu, 08 Maret 2020 | 15:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kembali ramai seruan menolak diselenggarakan ajang balak tingkat dunia Formula E Jakarta 2020. Kampanye penolakan ini lagi-lagi menggema di media sosial bahkan jadi trending topik Twitter.

Paling baru, netizen ramai dengan menggemakan hashtag #TolakKerasFormulaE hingga masuk ke trending topik Twitter.

Pantauan Suara.com, hashtag ini mulai masuk dalam daftar trending topik di Twitter pada Minggu (8/3/2020) siang. Netizen memakai hashtag itu dalam lebih dari 9.000 ribu kicauan.

Dalam hashtag itu ditemukan, banyak netizen mengunggah foto Formula E yang disunting dengan menambahi tulisan #TolakKerasFormulaE.

Sementara itu akun Twitter @jr_kw19 memakai video dari KompasTV tentang pernyataan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang lebih memprioritaskan keselamatan masyarakat akibat virus corona.

Tagar #TolakKerasFormulaE Trending (twitter)

 

Akun Twitter @jr_kw19 menulis, "#TolakKerasFormulaE, Setatemen cerdas sandiaga Uno. Virus Corona Ancam Formula E, Sandiaga: Prioritaskan Keselamatan Masyarakat. Dan sudah sepatutnya event yang bisa mendatangkan banyak orang dalam situasi sekarang harus ditolak dengerin tuh Anies Baswedan".

Netizen yang lain, @wa_puspa membagikan tautan berita dari pernyataan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Edi, dalam berita yang dimuat di Suara.com, menyarankan agar Formula E dibatalkan.

"#TolakKerasFormulaE . Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyarankan, penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E pada 6 Juni 2020 dibatalkan. Hal tersebut menyusul adanya kasus virus Corona atau Covid-19 di Indonesia," tulis @wa_puspa.

Formula E di tengah wabah virus corona

Formula E Jakarta 2020

 

Roma sebagai salah satu kota penyelenggara Formula E telah menunda ajang balapan tersebut. Balapan Formula E yang sedianya digelar di Roma, Italia pada 4 April mendatang ditunda karena wabah virus corona.

Otoritas Italia telah memerintahkan semua ajang olahraga, termasuk sejumlah laga papan atas Serie A, dimainkan tanpa penonton selama satu bulan sebagai upaya pencegahan penularan wabah virus Corona.

"Sebagai konsekuensi dari darurat kesehatan yang terjadi di Italia...tak akan lagi memungkinkan menggelar E-Prix Roma pada 4 April," demikianya pernyataan pihak Formula E dikutip Suara.com dari laman resmi mereka, Sabtu (7/3/2020).

Sementara itu, Indonesia belum mengambil sikap terkait penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyebut belum mengeluarkan surat rekomendasi terkait ditunda atau tidaknya ajang Formula E Jakarta 2020.

Menurut Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, Kemenpora masih menunggu arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait seluruh gelaran olahraga di Indonesia.

"Dari pihak sana (Formula E Jakarta) kami pun belum mendapat informasi apa pun. Jadi kabar terkait Formula E Jakarta ini belum ada," ujar Gatot saat dihubungi wartawan, Selasa (3/3/2020).

"Ini kan force majeure (keadaan yang tak bisa dihindari). Jadi masih menunggu arahan Kemenkes terkait ini semua."

"Kami sih komunikasi terus ke pihak Kemenkes. Kami paham kesibukan mereka itu sekarang sedang overload," tandasnya.

Itulah keramaian netizen tolak Formula E Jakarta 2020 dengan hashtag #TolakKerasFormulaE yang masuk trending topik Twitter. (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

Mobil Ini Parkir di Antara Kendaraan Mewah, Netizen: Pulang Kena Mental