Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 08 Maret 2020 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Viral di media sosial video yang menunjukkan guru dan murid sebuah SMK yang tengah menyeberangi sungai. Dalam video viral ini disebutkan kalau mereka harus menyeberangi sungai demi bisa ikut ujian.

Video viral tersebut telah tersebar luas di media sosial dari Twitter dan Facebook.

Rekaman berdurasi 1.17 menit ini diunggah oleh akun Facebook Majelis Kopi pada Kamis (5/3/2020). Sementara itu di Twitter, akun @black__valley1 mengunggah video yang sama pada Jumat (6/3/2020).

Dalam video itu terlihat beberapa siswa dan guru menyeberangi sungai dengan arus yang deras. Hujan juga turun cukup lebat.

Sepuluh detik pertama, video itu memperlihatkan seorang pemuda membantu wanita berkerudung biru menyeberangi sungai. Mereka tampak memakai payung.

Selanjutnya, tiga siswi yang memakai seragam putih dan seorang ibu guru saling bergandengan tangan menyeberangi sungai itu. Mereka dibantu seorang pemuda yang memakai kaus hitam.

Seorang pria di pinggir sungai yang merekam video ini berkata, "Inilah nasib guru-guru, siswa-siswi SMK Negeri 1 Mangoli Utara saat ujian harus menyeberangi kali."

Ia juga mengingatkan kepada si ibu guru itu untuk tidak perlu memakai payung.

Pria itu kembali berkata, "Inilah nasib guru dan siswa SMK Negeri 1 Mongoli Utara yang dalam melaksanakan ujian harus melewati banjir, mengadu nasib dengan banjir yang deras. Kita lihat saudara-saudara. Sungguh nasibnya malang".

Namun menurut keterangan tertulis yang menyertai video tersebut kejadian ini dialami oleh guru dan siswa SMK N 1 Mangoli Timur Utara. Nama sekolahnya berbeda dengan yang dikatakan pria dalam video.

Baik akun Facebook Majelis Kopi maupun Twitter @black__valley1 menulis, "Guru dan Siswa SMK N 1 Mangoli Timur Utara seberangi Sungai Kawata saat hendak berangkat ke sekolah. Jika musim penghujan banyak siswa yang tidak dapat berangkat ke sekolah karena Sungai Kawata banjir dan tidak dapat diseberangi".

"Sekolah berlokasi di Desa Kawata, Kecamatan Mangoli Utara Timur Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara," imbuhnya.

Viral guru dan murid SMK di Maluku Utara seberangi sungai demi ikut ujian (Facebook Majelis Kopi)

Pantauan Suara.com, video itu telah dibagikan lebih dari 1400 kali dan mendapatkan ratusan komentar di Facebook. Rata-rata warganet meminta pemerintah pusat dan daerah setempat untuk merespon kejadian ini dan segera bertindak.

Seperti komentar dari warganet, Wan Hasan yang menulis, "Mohon perhatian pemerintah, teringat tahun 60-an di desaku. Sedih melihatnya".

Dhefoer Puryanto menulis, "Memprihatinkan sekali. Kalau sudah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan biasanya baru ada tindakan. Semoga mereka yang berjuang demi masa depan senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan".

"Pak Jokowi ternyata masih ada kondisi yang seperti ini di daerah Timur Indonesia. Mohon sekiranya bantuan Kementerian PUPR untuk bisa membuatkan jembatan sehingga saudara-saudara kami bisa beraktifitas dengan baik di sana," komentar dari akun Twitter @GAB_Wisnu.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui lokasi dan waktu kejadian dalam video viral tersebut. Namun tentunya video yang viral di media sosial ini telah membuat netizen terharu. (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

Lihat Foto Jadul Siswi Belanda dan Indonesia, Netizen Malah Teringat Suzzanna