Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 10 Maret 2020 | 16:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama in netizen di Indonesia kembali dihebohkan unggahan Facebook bernama Eka Pras. Pemilik akun Facebook tersebut membuat heboh usai statusnya Desember 2016 lalu sudah meramalkan mengenai virus corona. 

"Awal tahun 2020 nanti akan ada virus dari China, menyerang hampir 1/3 manusia di bumi.. Mau percaya silahkan.. Tidak juga gapapa.." tulis akun Facebook Eka Pras (Satru Laras) dalam postingan bertanggal 31 Desember 2016.

Postingan itu memperoleh banyak tanggapan dan reaksi dari warganet, khususnya mereka yang terkesima karena yakin itu merupakan sebuah ramalan.

Tetapi benarkah postingan itu ditulis pada 31 Desember 2016?

Penjelasan

Pertama-tama, penting dicatat bahwa Facebook adalah sebuah media sosial yang tidak terlalu ketat mengatur soal konten. Pengguna bisa dengan mudah mengedit atau mengoreksi postingannya sesuka hati.

Pengguna, misalnya, bisa menggunakan fitur Edit Post untuk memperbaiki kesalahan penulisan atau bahkan mengubah seluruh isi konten dalam sebuah postingan.

Tidak hanya itu, pengguna Facebook dengan memanfaatkan fitur Change Date bisa mengubah tanggal, bulan, dan tahun sebuah postingan di akunnya.

Kemampuan Facebook ini berbeda jauh dari Twitter yang sama sekali tidak mengizinkan pengguna untuk mengedit atau mengubah isi cuitan. Pengguna Twitter hanya bisa menghapus postingan yang sudah diunggah.

Lalu bagaimana dengan ramalan pemilik aku Eka Pras soal Corona itu?

Berdasarkan penelusuran Suara.com, pemilik akun Eka Pras memanfaatkan fitur Edit Post untuk membuat ramalan itu. Tadinya postingan dia bertanggal 31 Desember 2016 sama sekali tak berhubungan dengan penyakit, virus corona, atau negara China.

Hal ini kami ketahui memanfaatkan fitur View Edit History di Facebook. Cara menggunakan fitur ini mudah saja: klik simbol tiga titik di sudut kanan atas postingan dan di opsi paling atas akan muncul pilihan "View Edit History".

Berikut adalah tangkapan layar dari perubahan isi postingan Eka Pras pada 31 Desember 2016:

Tangkapan layar perubahan postingan akun Facebook Eka Pras yang disebut meramalkan virus corona. Terbukti ia hanya mengedit postingan lama dari 31 Desember 2016 pada Minggu (8/3/2020) kemarin. [Facebook/Eka Pras]

Dari tangkapan layar akun Eka Pras di atas terlihat bahwa ia pada Minggu 8 Maret 2020, sekitar pukul 06.23 sore, telah mengubah isi postingan pada 31 Desember 2016 menjadi berkaitan dengan "virus dari China".

Kesimpulan

Kabar bahwa pemilik akun Facebook sudah meramal adanya virus corona pada 16 Desember 2016 salah. Ia hanya menggunakan fitur Edit Post pada Facebook untuk mengubah isi postingannya pada Minggu 8 Maret 2020.(Sura.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Luna Maya Bangun Rumah dengan Maxime Bouttier di Bali?