Kamis, 13 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Kamis, 12 Maret 2020 | 08:24 WIB

Hitekno.com - Beredar sebuah informasi dengan narasi menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang mendengarkan keluhan warga yang terdampak utang.

Dalam informasi tersebut muncul dalam unggahan akun Facebook Ali Yatim Morella atau @aliyatim.morella, Senin (9/3/2020).

Akun Ali Yatim Morella membagikan bidikan layar unggahan akun Twitter @wawat_kurniawan yang menampilkan foto Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto itu kemudian ditambahi tulisan berbunyi, "Anis sedang nyimak mendengarkan keluhan warganya yang terdampak utang".

Sementara dalam unggahannya, Ali Yatim Morella menuliskan narasi sebagai berikut.

"Nampak Anies geram betul kepada Jokowi akibat dampak pinjaman luar negri era Jkw. Anies mengatakan, "Jika bapak ingin cerdas mengelola ekonomi belajar sama saya".

Benarkah, Anies Baswedan mendengarkan keluhan warganya yang terdampak utang?

CEK FAKTA Anies Baswedan disebut tengah mendengarkan keluhan warga yang terdampak utang. (turnbackhoax.id)

Penjelasan

Hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, informasi yang beredar tidak benar.

Foto Anies Baswedan bersama Jokowi merupakan dokumentasi lama milik Biro Pers, Media dan Informasi, Sekretariat Presiden.

Foto serupa pernah muncul di sejumlah situs daring pada 2018. Seperti dalam artikel Suara.com bertajuk "Jokowi Tinjau Wisma Atlet Kemayoran".

Dalam artikel tersebut, ditampilkan sejumlah potret kebersamaan Anies Baswedan dan Jokowi meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2/2018). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui kesiapan Wisma Atlet Asian Games 2018.

Dalam agenda tersebut, Anies Baswedan dan Jokowi turut didampingi oleh eks Menpora Imam Nahrawi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Ketua Inasgoc yang sekarang menjabat sebagai Menteri BUMN Erick Thohir.

CEK FAKTA Anies Baswedan dan Jokowi meninjau Wisma Atlet Kemayoran. (ist)

CEK FAKTA Anies Baswedan dan Jokowi meninjau Wisma Atlet Kemayoran. (turnbackhoax.id)

Faktanya dalam foto itu, Anies Baswedan tidak mendengarkan keluhan warga yang terlilit utang melainkan tengah mendampingi Jokowi meninjau Wisma Atlet Kemayoran.

Itulah hasil cek fakta foto Anies Baswedan yang dinarasikan sedang mendengarkan keluhan warga yang terlilit utang, yang ternyata tidak benar. Dalam foto, Anies Baswedan sedang mendampingi Jokowi meninjau Wisma Atlet Kemayoran. (Suara.com).